Belajar Ketabahan dari Sosok Najwa Az Zahra

Judul Buku            : Setegar Karang Membelah Ombak

Jenis Buku             : Novel Fiksi Remaja

Tebal Buku            : 65 halaman

Tahun Terbit         : 2015

Pengarang             : Mabrurona Aizzana

Penerbit                 : NURIS Press

Tema                      : Motivasi

Tokoh                     : Najwa Az Zahra, Alya, kak Alif , Ayah Najwa

Oleh: Sayyidati Rosyida Rosyid*

Novel “Setegar Karang Membelah Ombak” menceritakan tentang kehidupan seorang gadis remaja bernama Najwa Az-Zahra. Ia tinggal bersama seorang ayah yang telah menyandang single parent sejak Najwa berumur sepuluh tahun, dan kakaknya yang bernama Alif. Mereka memiliki pembantu rumah tangga yang bernama Mbok Nah. Najwa menjalani problema kehidupannya dengan penuh semangat dan keceriaan. Walaupun masalah yang datang bertubi-tubi datang dengan begitu saja, ia selalu sabar dan tabah. Mulai dari penghianatan dari seorang temannya,  sebuah kecelakaan yang merenggut nyawa ayahnya, dan kehilangan panca indra penglihatannya.

Novel ini cukup menarik bagi kalangan remaja karena kisah yang diangkat adalah kisah seorang anak SMA yang penuh dengan lika-liku kehidupan. Tokoh dalam novel ini juga dapat memotivasi sang pembaca dengan ketegaran sikapnya menghadapi rumitnya permasalahan.

Dari cerita ini pembaca dapat mengerti dan mengenali betapa Allah SWT memberikan  cobaan yang bertubi-tubi pada hambanya agar selalu mengingat dan mengakui keberadaannya dalam skenario hidup kita, dan melatih jiwa kita agar tetap bersyukur atas nikmat yang IA berikan.

Sayangnya , si pemeran utama dalam novel ini selalu memiliki sisi postif karena itulah si pembaca kurang tertantang dan tidak sampai terbawa perasaan (BaPer) intinya dalam cerita ini semua cerita sudah dapat di tebak apa kejadian yang akan terjadi selanjutnya. Dan, biasanya kebanyakan novel itu lebih banyak penjabaran cerita dari pada dialognya. Tetapi lain halnya dengan novel ini. Novel ini masih banyak percakapan di dalamnya daripada penjabaran/ deskripsi kejadian yang akan dijelaskan si penulis.

 

*Siswa kelas X E SMA Nuris Jember/ pegiat ekstrakurikuler Jurnalistik Nuris

Exif_JPEG_420
foto. AF
Related Post