Hujjah Aswaja: Dzikir dan Syair Sebelum Shalat Berjamaah*

Hujjah Aswaja: Dzikir dan Syair Sebelum Shalat Berjamaah*

Oleh: KH Muhyiddin Abdusshomad

Membaca dzikir dan syair sebelum pelaksanaan shalat jama’ah adalah perbuatan yang boleh dan tidak bertentangan dengan ajaran islam. Kebolehan ini bisa ditinjau dari beberapa sisi.

Pertama,  dari sisi dalil, membaca syair di dalam masjid bukan merupakan sesuatu yang dilarang oleh agama. Pada masa Rasulullah SAW, para sahabat rodhliya allahu anhum juga membaca syair di masjid. Dalam sebuah hadits:

عَنْ سَعِيْدِ بْنِ اْلمُسَيَّبِ قَالَ مَرَّعمر بِحَسَّانِ بْنِ ثَابِتٍ وَهُوَ يُنْشِدُ فِى اْلْمَسْجِدِ فَلَحَظَ اِلَيْهِ فَقَالَ قَدْ اَنْشَدْتُ وَ فِيْهِ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنْكَ ثُمَّ اْلتَفَتَ اِلَى اَبِي هُرَيْرَةَ فَقَال اَسَمِعْت رَسُوْلَ اللهِ ص م يَقُوْلُ اَجِبْ عَنِّي اللّٰهُمَّ اَيِّدْهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِ قَالَ اللّٰهُمَّ نَعَمْ (رواه ابو داود , ٤٣٦٠, النسا ئ ,  ٧٠٩ , واحمد , ٢٠٩٢٨)

“Dari Sa’id bin Musayyab r.a, ia berkata, “Suatu ketika Umar r.a berjalan kemudian bertemu dengan Hassan bin Tsabit Ra yang sedang melantunkan syair di masjid. Umar menegur Hassan, namun Hassan menjawab, “Aku telah melantunkan syair di masjid yang di dalamnya ada seseorang yang lebih mulia darimu”, kemudian ia menoleh kepada Abu Hurairah r.a. Hassan melajutkan perkataannya, “Bukankah engkau telah mendengarkan sabda Rasulullah SAW, “Jawablah dariku, ya Allah mudah-mudahan engkau menguatkannya dengan Ruh al-Qudus”. Abu Hurairah menjawab, “ Ya Allah, benar (aku telah mendengarnya).” (HR. Abu Dawud [4360], al-Nasa’i [709], dan Ahmad [20928].

(Baca Juga: Dalil Bolehnya Melakukan Mahallul Qiyam)

Mengomentari hadits ini, Syaikh Isma’il al-Zain menjelaskan adanya kebolehan melantunkan syair yang berisi puji-pujian, nasehat, pelajaran tata karma dan ilmu yang bermanfaat di dalam masjid. (Irsyad al-Mu’minin Ila Fadha’ili Dzikr Rabb al-‘Alamin, hal.16).

Kedua, dari sisi syiar dan penanaman akidah umat. Selain menambah syiar agama, amaliah ini merupakan strategi yang sangat jitu untuk menyebarkan ajaran islam di tengah masyarakat. Karena di dalamnya tersebut terkandung beberapa pujian kepada Allah SWT, dzikir dan nasehat.

Ketiga, dari aspek psikologis, lantunan syair yang indah itu dapat menambah semangat dan mengkondisikan suasana. Dalam hal ini, tradisi yang telah berjalan di masyarakat tersebut dapat menjadi semacam warming up (persiapan) sebelum masuk ketujuan inti, yakni shalat lima waktu.

Manfaat lain adalah, untuk mengobati rasa jemu sembari menunggu waktu shalat jama’ah dilaksanakan. Juga agar para jama’ah tidak membicarakan hal-hal yang tidak perlu ketika menunggu shalat jama’ah dilaksanakan.

Dengan beberapa alasan inilah maka membaca dzikir, nasehat, puji-pujian secara bersama-sama sebelum melaksanakan shalat jama’ah di masjid atau di mushalla adalah amaliah yang baik dan dianjurkan. Namun dengan satu catatan, tidak mengganggu orang yang sedang melaksanakan shalat. Tentu hal tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing masjid dan mushalla dimaksud.

*Disadur dari buku Hujjah NU, karya KH Muhyiddin Abdusshomad PP Nuris Jember

Related Post