Juara KTI Nasional di Undiksha Bali, Siswa MA Unggulan Nuris Kini Siapkan Presentasi Final lagi di UGM

Juara KTI Nasional di Undiksha Bali, Siswa MA Unggulan Nuris Kini Siapkan Presentasi Final lagi di UGM Pesantren Nuris – Tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) MA Unggulan Nuris menorehkan tinta emas pada Ajang LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) “Kenakalan Remaja” VIII Tingkat Nasional di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja, Bali (05/11). Mereka berhasil meraih juara 1 dengan mendapatkan tropi juara, tropi bergilir Ganesha, serftifikat, dan uang pembinaan senilai 2 juta rupiah. Afaf Mutia Zahwa, Kavilatul Bariroh, dan Muhammad Kholid, merupakan siswa kelas XI IPA MA Unggulan Nuris yang mampu menyisihkan ratusan peserta LKTI tersebut. “Saya sangat bahagia dan bangga sekali karena akhirnya mampu menjuarai lomba ini dan membawa nama almamater Pesantren Nuris Jember ke kancah nasional.” Kata Kholid.

(Baca juga: Pesantren Nuris, Ladang Subur Persemaian Bibit Aswaja (1) )

“Beberapa waktu lalu, SMA Nuris Jember juara 2 di Unibraw Malang, SMK Nuris Jember juara 3 di Ponpes Al Amien Sumenep Madura. Akhirnya, MA Unggulan Nuris juga mampu meraih prestasi nasional bahkan juara 1. Kami bersyukur ekskul KIN (Karya Ilmiah Nuris) mendapat perhatian respektasi yang besar.” Tambahnya. Menurut Afaf, ketua tim KTI MA Unggulan Nuris ini, “Awalnya kami mengirim abstrak dan karya kami melalui email ke panitia LKTI “Kenakalan Remaja” VIII Undiksha, Singaraja, Provinsi Bali. Ternyata karya kami dinilai layak presentasi di babak final, mengalahkan total 92 peserta dan dipilih 10 peserta terbaik,”. Berkat gagasan implementatif yakni, Aprengers (Aplication of Reproductive for Teenagers) Sistem Informasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Mobilephone Aplication dalam Mengurangi Triad KRR pada Remaja, karya ini dinilai panitia sebagai gagasan yang kreatif dan inovatif.

“Tim KTI Nuris ini sungguh luar biasa,” kata Rochmad, ketua panitia LKTI tersebut. “Selain kemenangan ini, kami sangat senang selama di Bali karena agenda Fieldtrip yang difasilitasi oleh panitia. Seharian setelah perlombaan kami mengikuti trip ke Kebun Raya Bali, Danau ulundanu Beratan, Singaraja, dan Danau Bedugul. Terasa lengkap kebahagiaan ini.” kata Kavila, salah satu tim KTI MA Unggulan Nuris tersebut.

14900580_1481816585168886_8215394259240486031_n-1

“Sangat bangga sekali atas keberhasilan siswa kami yang tergabung dalam Ekskul KIN tersebut. Berkat kerja keras dan semangat yang tinggi, serta doa semua guru di Nuris sehingga semua anak didik kami bisa membawa harum Pesantren Nuris di kancah nasional.” Kata Rochmati, Pembina dan pendamping LKTA MA Unggualn Nuris. Ning Balqis Al Humairo, kepala MA Unggulan Nuris turut menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan anak didiknya.

“Merasa bersyukur atas capaian Kholid, Afaf, dan Kavila. Semoga bisa menginspirasi adik-adiknya di masa mendatang. Dan terus meningkatkan prestasi, serta tetap menjadi seseorang yang rendah hati.”

(Baca juga: La Mezquita De Granada Spanyol, Masjid Jami’ Granada Spanyol )

“Meski santri, Pesantren Nuris Jember membuktikan bahwa anak-anak kami punya ide yang prospektif bagi kemajuan Bangsa ini. Semoga KTI mereka bermanfaat bagi umat nantinya. Dan mohon doanya, kabar yang saya dapatkan dari mbak Rocmati  bahwa Tim MA kembali akan tampil di final LKTI di UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta pekan depan. Semoga mereka diberi kesuksesan. Amin.” Tambahnya. [Faizal]    

Related Post