Wajah Baru Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur NURIS 2

Mangli Jember– Agustus 2016, PP. Nuris 2 Mangli Jember memiliki asrama baru khusus untuk Mahasantri, sebutan bagi santri yang berstatus mahasiswa. Asrama baru tersebut adalah gedung asrama putera lama yang direnovasi total dengan desain bangunan tiga lantai. Total ada 22 kamar di lantai 1 dan 2 yang masing-masing diisi oleh 4 santri. Sementara lantai 3 menjadi aula terbuka yang digunakan sebagai tempat kegiatan, seminar dan rapat. Setiap lantai terdapat 6 kamar mandi yang terletak di setiap sudut lantai. Jumlah kamar mandi sengaja disediakan cukup memadai disesuaikan dengan jumlah santri agar tidak sampai terjadi “antrean” panjang terutama ketika jam-jam tertentu, seperti pagi sebelum berangkat kuliah atau pun sore menjelang Maghrib. Halaman depan pondok dikonsep dengan sangat indah dan menarik untuk membuat santri semakin betah dan nyaman selama berada di Nuris 2. Sementara itu, Mushalla pesantren masih tetap mempertahankan bentuk lama, namun bagian dalamnya sudah dihias dengan ornament wallpaper.

(Baca juga: Wow!!! Ranking pesantrennuris.net Naik Lagi..)

Pengurus Baru, Semangat Baru

Mulai tahun 2016, PP. Nuris 2 berubah nama menjadi “Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur (PPME) Nuris 2” yang diasuh langsung oleh Gus H. Abdurrahman Fathoni, M.Si beserta Ning Hj. Balqis al-Humairo S.Pd.I Binti KH Muhyiddin Abdusshomad. Beliau berdua secara aktif mengontrol, mendidik serta mengasuh PPME Nuris 2 Mangli Jember. Sebab KH Muhyiddin Abdusshomad telah mengamanatkan secara penuh pengelolaan PPME Nuris 2 kepada beliau berdua.

Tanggal 23 Oktober 2016, pengurus baru dilantik setelah berakhirnya masa khidmat kepengurusan lama. Rizki Firdausiyah (Mahasiswi Prodi MPI IAIN Jember) terpilih menjadi Ketua Pondok yang baru menggantikan Khoiriyyah, ketua lama yang sudah menyelesaikan kuliahnya di IAIN Jember. Berbeda dengan kepengurusan yang lama, pengurus baru hanya berjumlah 8 orang, terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, 3 Divisi: Ubudiyyah, Keamanan dan Kebersihan.

ISD (Institute of Scietific Development)

Pada waktu bersamaan, Pengasuh PPME Nuris 2 juga meresmikan sekaligus melantik Pengurus “ISD (Institute of Scientific Development)”. Lembaga ini didirikan untuk mengawal seluruh kegiatan pengembangan keilmuan yang ada di PPME Nuris 2, mulai dari mengkonsep, menyusun jadwal, menyediakan tutor dan melakukan monitoring serta evaluasi semua kegiatan.

Beberapa program unggulan sudah disiapkan oleh ISD, seperti Kajian Hujjah NU yang dibina oleh Abdullah Dardum (Alumni PP. Nuris), Kajian Kitab Taqrib yang dibina oleh Ust. Abdul Jalil (Alumni PP. Ploso) dan Tilawah yang dibina oleh Ust. Abdul Hadi (Alumni PP. Darussalam Jember). Ada juga program unggulan yang menunjang kegiatan perkuliahan di Kampus, seperti Intensif Bahasa Arab yang dibina oleh Abdullah Dardum, Intensif Bahasa Inggris yang dibina oleh Sari Dewi Novianti, M.Pd.I (Dosen Bahasa Inggris IAIN Jember) dan Kajian Jurnalistik yang dibina oleh Shiddiq Ardianta (Dosen Bahasa Indonesia IAIN Jember).

Meningkatkan Jiwa Entrepreneur Santri

Sementara itu, untuk meningkatkan bakat dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri, PPME Nuris 2 memiliki kegiatan rutin seperti, pelatihan tata rias,cooking class, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan menyiapkan santri yang memiliki keterampilan dan keahlian khusus, ketika mereka sudah terjun ke tengah-tengah masyarakat. Harapan akhirnya adalah semua santri disamping memiliki kemampuan intelektual yang mumpuni, juga didukung dengan jiwa entrepreneur yang tinggi. (Dardum/RED)

15302402_10207542836161208_1470122200_o 15321462_10207542836881226_1808202617_o

Related Post