MA Unggulan Nuris Jember Sukses Rebut Kejuaraan Robot Follower Se-Jawa Timur

MA Unggulan Nuris Jember Sukses Rebut Kejuaraan Robot Follower Se-Jawa Timur

Pesantren Nuris – Dua Pelajar MA Unggulan Nuris Jember kembali memberikan prestasi gemilang di awal tahun 2017 ini. Miftahul Ghufron dan M. Firman Muhaimin, siswa kelas X IPA A tersebut meraih juara 3 Lomba Robot Follower antarpelajar Se-Jawa Timur di Universitas Narotama, Pasuruan (02/1).

Kedua siswa cerdas tersebut mengikutkan 2 robot follower terbaiknya di ajang bergengsi ini. Selain meraih juara 3, mereka juga menyabet juara Best Design untuk robot kedua.

(Baca juga: Daftar Para Juara NGT 2017, Who The Next )

“Pada ajang ini kami memang menyertakan 2 robot follower dengan tim yang sama. Sebab persiapan yang singkat, kami berupaya menghemat tenaga. Untung saja robot follower ini sudah biasa kami rakit setiap kegiatan ekstrakulikuler MSains bidang Robotika.” Ungkap Wahyu, selaku Pembina ekstrakulikuler tersebut.

“Penilaian robot follower ini dilihat dari desain, kecepatan, dan ketepatan robot berjalan di line yang telah disediakan panitia. Setelah melewati babak 32 besar, akhirnya anak-anak sampai juga di babak final menyingkirkan ratusan peserta se-Jawa Timur.”

“Sampai anak-anak meraih juara 3, anak-anak melewati lebih dari tujuh pertandingan lintasan. Bahkan ketika anak-anak mampu menjadi robot follower dengan titel Best Design tersebut. Alhamdulillah anak-anak dengan cekatan mampu mengharumkan nama MA Unggulan Nuris Jember di kancah robotika seprovinsi ini.” Tambah Wahyu.

Selain Pak Wahyu, Pembina yang turut mendampingi adalah Pak Yusron. “Penyerahan piala, piagam, dan tabanasnya langsung diserahkan oleh Rektor Universitas Narotama yakni, Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS. ST., M.HP. Mereka pun menyempatkan berfoto bersama.” Kata Yusron.

(Baca juga: Pesantren Nuris Punya Kelas Internasional Loh )

“Mendengar kabar juara ini, saya sangat bangga sekali. Siswa MA Unggulan Nuris mampu menyisihkan sekian skolah favorit lainnya. Berkat kerja keras Pembina di bawah penanganan manajemen Ekskul Msains, lembaga MA yang juga menjuarai lomba baca kitab se-Jatim, lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, bahkan juga lomba Tilawah Nasional, ternyata mampu pula menjuarai lomba robotika. Ini luar biasa.” Tegas Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi.

Kepala MA Unggulan Nuris Jember, Ning Balqis Al Humairo juga turut mengapresiasi raihan prestasi tersebut. “Saya bersyukur atas prestasi anak-anak kami yang telah mampu menorehkan prestasi robotika ini. Semoga ke depan anak-anak terus terpacu untuk meningkatkan prestasi di segala bidang yang mereka kuasasi. Amin.” [AF.Red]

 

Related Post