Usai Juarai Olimpiade Bahasa Arab Nasional, Kini Juarai MQK Se-Jawa Bali

Pesantren Nuris – Santri Nuris yang satu ini benar-benar luar biasa. Usai raih juara 2  Olimpiade Bahasa Arab tingkat nasional di Jakarta lalu, kini dia kembali tampil sebagai juara 1 MQK (Musabaqoh Qiroatul Kutub) tingkat SMA sederajat se-Jawa Bali.

Dia adalah Ahmad Fauzan siswa MA Unggulan Nuris Jember kelas XII PK A. Acara tersebut dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang (15/10/2017).

Santri berotak Al Kawarismi tersebut, berhasil kalahkan sebelas peserta asal SMA sederajat se-Jawa Bali. Di babak penyisihan peserta diberi kesempatan untuk membaca kitab selama 2 menit. Selanjutnya peserta diberi waktu dua menit untuk menjelaskan dan tiga menit berikutya untuk sesi tanya jawab.

Tidak butuh waktu panjang bagi Fauzan untuk mempersiapkan lomba tersebut. Bahkan lomba tersebut dilaksanakan seminggu setelah dia dinobatkan sebagai juara 2 nasional Olimpiade Bahasa Arab. Pembawaannya yang supel dan pekerja keras membuatnya juga dipercaya untuk mengajar madrasah diniyah Pesantren Nuris Jember.

Dalam persiapannya Fauzan dibina langsung oleh Ustad Agus salah satu Ustad berprestasi di Pesantren Nuris Jember. Sebagai pembina Ustad Agus mengungkapkan bahwa dia benar-benar bangga terhadap Fauzan. “Fauzan benar-benar santri hebat. Semoga dia selalu semangat untuk menggapai prestasinya dan menjadi orang sukses, “ tutur Ustad Agus.

Dalam ajang tersebut, Pesantren Nuris Jember mengirimkan 4 wakilnya di antaranya Ahmad Fuazan, Abdul Malik, Muthasim Billah, dan Lutfi Fauzi. Membanggakan dua santri Nuris berhasil raih juara 1 dan juara 2 (diraih oleh Abdul Malik) dalam ajang tersebut. Sedangkan juara 3 adalah siswa asal MA Alqodiri Jember.

(Baca juga: Ahmad Fauzan, Juara 2 Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional di Jakarta)

Prestasi-prestasi berkelas nasional yang diraih oleh Ahmad Fauzan, bukan mengubahnya menjadi santri yang sombong tetapi merupakan suatu keharusan baginya untuk semakin berprestasi. “Alhamdulilah saya sangat senang sekali di saat sudah hampir lulus saya bisa mengharumkan nama MA Unggulan Nuris Jember. Semoga prestasi saya ke depan semakin baik,” ujar Fauzan. (Red/Yuv)

 

Related Post