Berawal dari Bahtsul Masail, Hingga Juara Debat Nasional di Malang

Pesantren Nuris – Prestasi baru kembali diukir oleh siswa MA Unggulan Nuris Jember. Tim debat madrasah tersebut berhasil dapatkan juara 1 lomba debat ilmiah Bahasa Indonesia tingkat nasional di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (15-16/11/2017). Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka Gebyar Pekan Hukum Syariah, Fakultas Hukum Syariah UIN Maliki, Malang.

Tim debat MA Unggulan Nuris Jember menamakan dirinya dengan 3I, sebab terdiri dari tiga siswa yang bernama Irsyad, Ilyas, dan Ikhlas. Terdapat beberapa babak yang harus mereka lalui sebelum sampai di babak final.

Di babak penyisihan, mereka harus menghadapi 16 tim asal SMA sederajat se-nasional. Di babak penyisihan tersebut tim debat MA Unggulan Nuris Jember tersebut harus melawan SMA Al-Qodiri  dengan mendapat mosi Penerapan Full Day School. Tim debat MA Unggulan Nuris Jember menjadi tim Pro terhadap mosi tersebut.

Dari babak penyisihan, diambil 8 tim terbaik. Tim MA Unggulan Nuris Jember berhasil menjadi delapan tim terbaik tersebut. Di babak tersebut mereka harus kembali lawan dari SMA Alqodiri dengan mosi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Tim debat MA Unggulan Nuris Jember berhasil masuk ke babak perempat final. Tim yang masuk babak perempat final adalah dua tim dari SMA Negeri Kejayan Trenggalek  yakni SMA Negeri Kejayan Trenggalek B, dan D, SMK Negeri Brantas Malang serta MA Unggulan Nuris Jember. Di babak perempat final tim debat MA Unggulan Nuris Jember melawan SMA Negeri Kejayan Trenggalek B dengan mosinya Penghapusan UN dan tim SMK Negeri Brantas Malang melawan SMA Negeri Kejayan Trenggalek D.

Langkah tim debat MA Unggulan Nuris Jember tidak hanya berhenti sampai disini. Mereka berlanjut hingga babak final. Di babak final mereka kembali bertanding dengan SMK Negeri Brantas Malang untuk memperebutkan juara 1 dan 2. Di babak tersebut tim MA Unggulan Nuris berperan menjadi tim pro dengan mosi Kriminalisasi dan Pendisiplinannya Terhadap Siswa hingga akhirnya tim MA Unggulan Nuris Jember tampil sebagai juara 1 dengan kemenangan mutlak. SMK Negeri Brantas Malang berhasil dapatkan juara 2 dan SMA Negeri Kejayan Treggalek D.

Kemenangan tersebut memang layak diraih oleh mereka, sebab mereka berlatih keras selama kurang lebih seminggu. Ketiganya dibina secara langsung oleh dua tentor hebat kak Izzul alumni MA Unggulan Nuris Jember lulusan tahun 2017 dan kak Nikita mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember.

Bagi ketiganya prestasi debat ini merupakan prestasi baru. “Kami senang sekali bisa memenangkan lomba debat ilmiah bahasa Indonesia ini. Kami merasa keikutsertaan kami dalam Bahtsul Matsail tidak sia-sia. Semoga prestasi kami semakin berkembang dan tidak hanya berhenti sampai di sini saja,” ungkap ketiganya.

(Baca juga: Siswa SMA Nuris Jember, Berhasil Raih Juara News Reading Se-Tapal Kuda)

Kemampuan berdebat siswa MA Unggulan Nuris Jember memang sudah tidak diragukan lagi. Sebab mereka sudah terlatih dengan kegiatan Bahtsul Matsail yang digelar di Pesantren Nuris Jember.  Bahtsul Matsail dilaksanakan setiap malam Sabtu yang dibina oleh Ustad Farihin. (Red/Yuv)

 

 

Related Post