Tips Menjelang Tidur Malam Ala Santri Nuris

Pesantren Nuris-Tidur malam memang sangat utama dan menjadi kewajiban bagi setiap individu,guna mengembalikan tenaga yang telah terkuras seharian agar terasa  lebih fresh pada pagi hari. Tapi taukah kalian bahwa ketika tidur kita juga perlu penjagaan yang super agar aman. Ingat, tidak hanya hati saja lo yang butuh penjagaan, tidur pun juga perlu penjagaan.

Santri dengan segudang aktifitas tentu butuh tidur? Santri kan bukan “robot”…. Hehehehe. Terkadang santri merasa tidak nyaman ketika tidur, bahkan tidak bisa tidur hingga akhirnya tertidur di kelas ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Pernahkah kalian kelindihan ketika tidur? Tentu hal itu sangat menyusahkan bukan ? kami santri Nuris punya tips gokil agar kalian bisa tidur nyaman. Yuk intip tips-tips kami berikut.

1.Berwudhu sebelum tidur

2.Membaca surah as-sajdah dan surah al-mulk. Keterangan nabi Muhammad SAW tidak tidur sebelum membaca surah Alif lam mim tanzil,yakni as-sajdah,dan Tabarakal-ladzi biyadihil mulku(Riwayat Ahmad,at Tirmidzi,ad-Darimi,dan al-Hakim .Menurut adz dahabi;ala syarthi muslim)

3.Ayat kursi(QS.Al-Baqarah:255) .Siapa membacanya sebelum tidur, maka Allah akan mengirim penjaga untuknya,dan syetan tidak akan mendekatinya sampai pagi.(Riwayat al-Bukhari)

4.Dua atau tiga ayat terakhir surah al-Baqarah.Nabi Muhammad SAW bersabda,”Siapa dua ayat terakhir surah al-Baqarah ,maka itu cukup baginya.”Ali bin abi thalib berkata ,”Saya tidak pernah melihat orang berakal (buru-buru)tidur sebelum membaca tiga ayat terakhir dari surah al-Baqarah .”(Riwayat  al-Bukhari dan Muslim;dan al-Hafizh Abu Bakr bin Abi Dawud)

5.Surah al-Ikhlas,al-Falaq,dan an-Naas. Ketiga surah tersebut dibaca,lalu ditiupkan pelan-pelan ke telapak tangan.Usapkan ke seluruh tubuh yang bisa dicapai,mulailah dari kepala,wajah dan tubuh bagian depan.Lakukan sebanyak 3X

6.Subahanallah(33X),Alhamdulillah(33X),dan Allahhuakbar(34X) (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

7.Surah Al-Kafirun .Bila surah ini dibaca menjelang tidur ,maka itu adalah pernyataan berlepas diri dari kemusrikan .(Riwayat abu Dawud,at-tirmidzi dan abu ya’la al-Maushili).

Atau bisa juga dengan tips di bawah ini;

1.Berwudhlu sebelum tidur

2.Membaca basmalah sebanyak 21X

3.Membaca syahadat sebanyak 3X

4.Membaca surah al-Ikhlas,al-Falaq,dan an-Naas

5.Lalu tiup dan usapkan ke seluruh tubuh yang bisa dicapai, mulailah dari kepala,wajah dan tubuh bagian depan,lakukan sebanyak 3X.

(Baca juga: Tips Menghemat Uang Ala Santri)

Genks itu tadi tips-tips dari kami santri Nuris tentang tips menjelas tidur. Seru bukan? Jangan-jangan bosan-bosan yes simak tips-tips dari kami. Nantikan tips-tips dari kami edisi berikutnya yes… (Red/Intan)

Related Post