Merakit PC, Operating System, dan Kabling, Peserta NEC 2017 Dapat Keahlian Kejuruan Kilat

Merakit PC, Operating System, dan Kabling, Peserta NEC 2017 Dapat Keahlian Kejuruan Kilat

Pesantren Nuris – Nuris Excellent Camp (NEC) 2017 khusus lembaga SMK Nuris Jember juga tak kalah menarik. Siswa SMP/MTs yang berminat di kejuruan turut meramaikan NEC dan mengikut materi demi materi dengan atraktif, utamanya kejuruan komputer dan jaringan (10-14/12/2017).

Riant Perdana, S.Kom, alumnus sarjana komputer dari Jakarta yang kini mengajar mata pelajaran Perakitan Komputer di SMK Nuris Jember memberikan 3 materi dasar tentang komputer. Hal ini di antaranya, merakit PC (Personal Computer), pengenalan OS (Operating System), dan model kabling dalam jaringan komputer dan internet.

Meski peserta NEC belum mengenal secara detail ketiga materi tersebut, namun mereka justru sangat antusias. Dunia komputer dan laptop sudah menjadi kebutuhan dasar pelajar di era modern sehingga membuat mereka penasaran bagaimana komputer itu bekerja dalam memudahkan aktivitas manusia.

(baca juga: Pengajarnya Asyik, Pembelajaran Sistem Operasi Axioo Class Standard, NEC 2017 Tuai Pujian)

Salah satu peserta NEC dari SMPN 03 Silo, Jember, Nafila Riska Ulandari, turut berkomentar. “Baru kali ini ikut kegiatan belajar sambil mondok. Awalnya saya penasaran dan takut tidak betah. Namun, setelah hari kedua saya di sini, mulai terbiasa. Nuris ini memang penuh kegiatannya dan fokus belajar.”

“SMK Nuris Jember cukup modern meski termasuk pesantren. Khususnya program Komputer, punya kelas Axioo lagi, ini keren banget. Pengajarnya juga asyik, pak Riant namanya. Ini yang membuat saya semakin ingin belajar komputer.”

(baca juga: Kelas Honda SMK Nuris Jember, Bikin Peserta NEC 2017 Kian Krasan)

Model pembelajaran sekaligus berasrama ini membuat intensitas pengajar dan peserta NEC sangat akrab. Mereka juga diikutkan di semua kegiatan pembelajaran di sekolah formal dan pesantren. Terutama program unggulan SMK Nuris Jember juga diperkenalkan kepada siswa SMP/MTs sederajat yang rata-rata kelas akhir tersebut.

“Saya berusaha mengenalkan komputer dan bagaimana perakitan serta aplikasinya. Di zaman digital ini, komputer ibarat buku dan pena bagi pelajar, jadi sangat penting dipelajari. Alhamdulillah anak-anak sangat senang apalagi di ruang ber-AC di kelas khusus Axioo tersebut.” Tegas Riant, kini juga menjabat Kepala Prodi Teknik Komputer dan Jaringan SMK Nuris Jember tersebut.[AF.Red]

Related Post