Kepala Madin Marhalah Tsaniyah Putri dan Lika-liku Perkuliahan, Alumni Nuris Ini Baru Saja Raih Gelar Sarjana di UNEJ

Kepala Madin Marhalah Tsaniyah Putri dan Lika-liku Perkuliahan, Alumni Nuris Ini Baru Saja Raih Gelar Sarjana di UNEJ

Pesantren Nuris – Siapa yang tak kenal dengan Ustazah Maktub? Apalagi yang saat ini masih aktif nyantri di Pesantren Nuris Jember. Gadis kelahiran Jember, 02 Mei 1995 ini memilih mengabdi di Pesantren Nuris Jember seraya menempuh pendidikan tinggi di Universitas Jember, di Fakultas Ekonomi, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Di Pesantren Nuris Jember, Maktubatuh Hasanah tercatat sebagai alumni SMA Nuris Jember angkatan tahun 2013. Semasa masih SMA Nuris Jember, dia berada di kelas IPA dan bercita-cita ingin menjadi pengusaha outlet rumah tangga dan fotocopy. Berdasar pada cita-citanya tersebut, dia ingin masuk kuliah di jurusan manajemen meski berada di kelas IPA.

Apa mau dikata, harapan tak selalu bersambut dengan sejalan. Keinginannya melanjutkan studi di ilmu manajemen sebab ingin belajar manajerial secara intensif soal tata kelola suatu organisasi atau usaha, malah dia diterima di Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Jember. Sejak itu, dia merasa setengah hati melanjutkan perkuliahannya.

(baca juga: Usai Studi di UB, Alumni Nuris Ini Akan Selesaikan Studi di National Chiayi University Taiwan, IPK Summacumlaude)

Seiring waktu yang berjalan hingga semester 3, rasa tak semangat semakin menjadi. Bahkan, sempat terbesit dalam benaknya ingin menghentikan studinya. Frustasi yang membuncah, membuat dara asal Dusun Rayap, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember ini mantab menghentikan perkuliahan. Namun, dorongan orang tua dan guru-guru yang berada di sekitarnya membantunya untuk mengurungkan niat tersebut.

“Saya melihat semangat orang tua saya yang terus mendukung saya lanjut kuliah sangat besar. Apalagi pas saya memang berada di pesantren, masih intens komunikasi dengan berbagai guru dan terus memotivasi akhirnya saya terus bertekad tetap lanjut kuliah.” Ungkap Ustazah yang hobi bergaul dengan banyak teman ini.

Waktu demi waktu telah terlewati, perkuliahan yang terus going on dan semakin mantab mengabdi di Pesantren Nuris Jember, hingga kemudian Ustazah Maktub dipercaya mengemban amanah menjabat sebagai Kepala Madin (Madrasah Diniyah) Marhalah Tsaniyah Putri. Di sela kesibukannya kuliah di Universitas Jember, Pejabat Struktural Pesantren Nuris Jember, dia juga mengajar pelajaran Alquran dan mengisi materi saat diniyah pagi.

(baca juga: Bermula dari Mimpi, Alumni Nuris Ini Senator di Jakarta, IPK Cumlaude)

“Kesulitan membagi waktu itu relatif sih. Meski saya berproses di kampus dan pesantren bagi saya enjoy aja. Tidak ada strategi khusus yang penting dijalani dengan ikhlas saja. Sesekali ngampus ya belajar ke perpustakaan UNEJ. Ketika berada di pesantren langsung sigap dengan tugas pondok. Justru tanggung jawab ini yang membuat saya semakin semangat.” Tuturnya.

Kini tak terasa waktu terus bergulir jauh, hingga akhirnya Maktubatuh Hasanah mendapat predikat Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Jember setelah mempertanggungjawabkan skripsinya berjudul “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Tenaga Kerja Wanita Bekerja di PTPN X Unit Industri Bobbin Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember” di hadapan Dewan Dosen Penguji. Atas jerih payahnya tersebut, dia lulus dengan predikat sangat memuaskan dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3, 07.

(baca juga: Lulus Pascasarjana di IPB Bogor dengan Beasiswa, Alumni Nuris Ini Sangat Inspiratif)

Hari Sabtu, 10 Februari 2018 lalu, Ustazah Maktub diwisuda di Gedung Soetardjo, Universitas Jember. Saat wisuda tersebut, alumni Nuris tidak hanya dia yang sukses menyelesaikan kuliahnya. Ternyata juga bersama teman seperjuangannya yakni, Siti Afifah (Ilmu Hukum), Aisyah Haidaria (Pendidikan Fisika), dan Ilham Nawafillah (Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan).

“Bagi santri yang masih belajar di SMA, SMK, atau pun MA Unggulan Nuris teruslah berjuang mencari ilmu dan barokah tanpa lelah. Sandanglah status santri di mana pun berada. Apalagi saat jauh dari orang tua menempuh pendidikan tinggi. Percayalah, Allah selalu melihat perilaku kita. Jayalah almamaterku tercinta.” Tambahnya.[AF.Red]

foto Maktubatul Hasanah yudisium fakultas ekonomi UNEJ

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post