Bangga Pernah Nyantri, Alumni Nuris Raih Sarjana, Kuliah dengan Beasiswa

Bangga Pernah Nyantri, Alumni Nuris Raih Sarjana, Kuliah dengan Beasiswa

Pesantren Nuris – Tepat hari Sabtu, 31 Maret 2018 lalu, Almamater Pesantren Nuris Jember turut berbangga atas diwisudanya salah satu alumninya. Sofiyatul Hasanah, alumni lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPS tahun 2013 ini resmi raih gelar sarjana sastra setelah menyelesaikan studinya di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, dengan predikat sangat memuaskan, Indeks Prestasi Kumultaif (IPK) 3,00.

Gedung Soetardjo Universitas Jember (UNEJ) dan ratusan wisudawan lainnya adalah saksi nyata atas kesuksesan gadis kelahiran Bondowoso, 16 Desember 1995 tersebut. Dengan berbagai proses akademis, akhirnya dia mampu menyelesaikan studi sarjananya setelah mempertegas skripsinya di hadapan dosen penguji dengan judul “Penggunaan Tingkat Tutur Bahasa Madura oleh Santri Etnik Madura di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Tegal Jati, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso”

(baca juga: Kepala Madin Marhalah Tsaniyah Putri dan Lika-liku Perkuliahan, Alumni Nuris Ini Baru Saja Raih Gelar Sarjana di UNEJ)

“Alhamdulillah, lulus juga akhirnya. Semoga saya bisa menjadi sarjana yang sujana dan dapat mentransfer ilmu saya terhadap murid-murid saya. Harus lulus segera sih, saya kan kuliah dengan beasiswa bidikmisi lewat jalur undangan seperti SNMPTN itu.” Kata Sofi, panggilan akrabnya.

“Motivasi saya saat menempuh studi perguruan tinggi tersebut yakni, membanggakan kedua orang tua saya. Dengan jurusan sastra Indonesia yang memang passion saya terhadap disiplin ilmu tersebut, saya berusaha belajar memahami fenomena berbahasa dan sangat dekat dengan realitas. Selain itu, saya juga turut membuktikan bahwa santri juga mampu kuliah di kampus bergengsi dan berkiprah lebih jauh.” Imbuhnya.

(baca juga: Usai Studi di UB, Alumni Nuris Ini Akan Selesaikan Studi di National Chiayi University Taiwan, IPK Summacumlaude)

Pemudi yang beralamat di Dusun Bata, Desa Tegal Jati, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso ini mempunyai keinginan melanjutkan studi pascasarjana. Kini dia mengabdikan keilmuan yang telah dimilikinya di sebuah lembaga pendidikan di kampung halamannya.

Bagi gadis, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Hosnanto dan Handayani ini, bersyukur pernah nyantri khususnya di Pesantren Nuris Jember. Baginya, pengalaman menjadi santri mampu menjadi bekal untuk istiqomah dalam meraih cita-cita. Pengalaman menjadi abdi dhalem keluarga pesantren adalah yang sangat berkesan. Dia merasa apa yang telah dia dapatkan adalah salah satu lantaran barakah pesantren.

“Harapan saya, adik-adik yang masih nyantri di Pesantren Nuris Jember untuk semangat mengejar informasi dan turut bersyukur menjadi santri. Kuliah dengan beasiswa tidak mudah, harus proaktif dan ada keinginan yang kuat.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama : Sofiyatul Hasanah

Alumni : Lembaga SMA Nuris Jember, 2013

Kuliah : Universitas Jember jurusan Sastra Indonesia

foto Sofi saat wisuda di Gedung Soetardjo Universitas Jember

Related Post