Beautiful Inside Out

Penulis: Armita Uswatun Hasanah

Cantik adalah ungkapan indah yang sangat dicintai oleh setiap wanita. Ungkapan inilah yang membuat mereka sibuk meraihnya. Dengan ungkapan itu, mereka merasa dirinya sempurna. Bagaimana caranyanya, bagaimana sulitnya, bagaimanapun mahalnya, semua mereka usahakan demi memeroleh predikat cantik.

Kebutuhan ini dimanfaatkan oleh beberapa stasiun televise dengan menayangkan iklan-iklan serba berbau kecantikan. Seperti iklan shampoo, lulur, kosmetik, dan lain-lain. Iklan televisi telah menawarkan kecantikan dengan berbagai macam karakter. Sehingga membuat para wanita berlomba-lomba untuk memeroleh predikat cantik tersebut. Mereka kurang menyadari bahwa apa yang ditawarkan oleh iklan televisi adalah cantik yang fana yakni kepalsuan yang menggilakan dunia.

Sebenarnya bukan hanya wanita saja yang suka ungkapan cantik itu. Namun Sang Maha Indah, Sang Pencipta Alam Semesta sangat cinta akan sebuah keindahan. Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda yang artinya “Sesungguhnya Allah itu Indah, dan cinta akan keindahan”.  Dari hadits tersebut dapat kita simpulkan bahwa Allah Swt sangat cinta akan keindahan dan sangat menganjurkan wanita untuk tampil indah dimanapun berada. Tentu bukan cantik luarnya saja, namun juga cantik moral dan akhlaqnya.

(baca juga: Salihah dengan Taat)

Kecantikan seorang wanita akan bernilai ibadah di hadapan Allah Swt, jika mereka mengikuti tips cantik yang diajarkan oleh agama. Berikut lima tips kecantikan yang diajarkan oleh agama.

Pertama, wanita cantik bukanlah wanita yang wajahnya merah merona, menawan,dan jelita, tapi wanita senantiasa menundukkan pandangannya dari kemaksiatan.

Kedua, wanita cantik bukanlah wanita sexy, lemah gemulai jalannya, tapi wanita cantik adalah wanita yang senantiasa menutup auratnya.

Ketiga, wanita cantik adalah wanita yang senantiasa membasahi bibirnya dengan selalu berdzikir kepada Allah Swt.

Keempat, wanita cantik adalah wanita yang senantiasa menjaga Alquran (membaca, menghafal, mengajarkan, dan mengamalkan isinya).

Kelima, wanita cantik adalah wanita yang senantiasa bersuud dan mendekatkan diri terhadap Allah Swt (menjauhi larangannya dan mematuhi perintahnya).

(baca juga: Tips Mencari Angpau saat Lebaran Ala Santri Nuris)

Demikian tips-tips kecantikan yang haqiqi. Tips yang dianugerahkan oleh Allah Swt untuk mencetak wanita Islami. Menjadikan mereka cantik luar dalam. Memancarkan inner beauty yang menawan, bukan hanya dicintai penduduk di bumi, namun dicintai oleh penduduk langit dan Sang Maha Cinta Sejati. Ketahuilah kecantikan yang fana akan hancur sesuai dengan jalan waktu. Sedangkan kecantikan yang haqiqi akan kekal sampai di akhirat nanti.

Related Post