Si Merah yang Bermanfaat

Penulis: Muammaf al-Khadafi

Tak banyak orang tahu mengenai apa saja yang terkandung dalam bawang merah. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa bawang merah adalah tumbuhan yang dipakai untuk bumbu masakan. Padahal bawang merah jika dilihat dari segi khasiatnya bisa dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit, seperti diabetes dan jantung. Nah, di bawah ini akan dijelaskan secara ringkas mengenai kandungan dan juga manfaatnya untuk kesehatan.

Bawang merah adalah sejenis tumuhan yang dipakai untuk bumbu masalah terutama di wilayah Asia Tenggara. Bagian bawang merah yang digunakan adalah umbinya dan biasanya tumbuh pada dataran tinggi yang berhawa dingin. Di dalam bawang merah terdapat kandungan vitamin C, Kalium, serat pangan, asam folat, kalsium, dan zat besi. Selain itu, bawang merah juga memiliki kegunaan sendiri aitu sebagai antiseptic, sehingga di beberapa daerah khususnya di Jawa bawng merah termasuk sebagai obat tradisional. Lantas kegunaan apa saja yang terkandung dalam bawang merah?

(baca juga: Hal Menarik Terpilihnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Asean Games 2018)

Pertama, mengatasi sembelit . Di dalam bawang merah terdapat serat pangan yang dapat melunturkan racun dan partikel keras yang menempel pada usus. Kedua, obat sakit tenggorokan. Bawang merah bisa dijus untuk mengurangi sakit tenggorokan dan ditambah dengan sedikit gula.

Ketiga, mencegah berkembangnya sel kanker. Hal ini karena dalam bawang merah mengansung senyawa belerang yang melindungi perut, kolom, dada, paru-paru, kanker prostat, serta mencegah tumbuhnya sel kanker. Mengontrol level kolesterol, sekaligus menjaga jantung dan penyakit jantung koroner.

(baca juga: :Trik Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah)

Ternyata, bawang merah juga memiliki efek samping yang membahayakan tubuh seperti migraine, kepala pusing, menggelapkan penglihatan, dan lain-lain. Manfaat di atas dapat dicapai ketika seseorang telah mengonsumsi bawang merah secukupnya karena jika kebanyakan makan bawang merah juga dapat membahayakan tubuh.

Penulis merupakan siswa MA Unggulan Nuris kelas XI PK A. Dia aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post