Seminar Literasi di MA Unggulan Nuris, Semangat Kebangkitan Hari Aksara Internasional 2018

Seminar Literasi di MA Unggulan Nuris, Semangat Kebangkitan Hari Aksara Internasional 2018

Pesantren Nuris – Pelaksanaan Seminar Literasi di MA Unggulan Nuris pada hari Kamis, 06 September 2018 kemarin bersambut kritis dan keaktifan siswa. Melalui pemateri tunggal, Agus Iswanto, S.S., MA. Hum, Peneliti Balai Litbang Agama Semarang, penyampaian permasalahan literasi di dunia dan khususnya di Indonesia terpapar dengan komplet.

Selama kurang lebih 45 menit, Agus Iswanto mampu merangsang pengetahuan siswa soal literasi. Mulai soal isu daya baca masyarakat Indonesia yang sangat rendah di level dunia, motivasi meningkatkan potensi literasi, hingga paradigma prospektif literasi di era milenial. Puluhan peserta seminar tampak antusias menyimak materi-materi tersebut.

(baca juga: Apresiasi Peneliti Litbang Agama Semarang Soal Literasi di MA Unggulan Nuris)

“Sebagai upaya memperingati Hari Aksara Internasional 2018, seminar literasi ini kami selenggarakan demi menumbuhkan kesadaran literasi atau budaya baca-tulis bagi siswa MA Unggulan Nuris. Bertepatan dengan kunjungan Peneliti Balai Litbang Agama Semarang ini pula, jadi suatu kehormatan atas kesediannya.” Kata Ning Balqis Alhumairo, kepala MA Unggulan Nuris.

“Meksi peserta seminar ini khusus pengurus OSIM baik yang putra maupun putri, dan peserta ekstrakurikuler jurnalistik website MA, semoga mereka yang telah mendapatkan ilmu tersebut mampu menjadi tutor sebaya bagi siswa lainnya. Intinya mampu menularkan semangat literasi yang lebih luas lagi. Sebab belajar itu kan pada dasarnya baca-tulis.” Imbuhnya.

Giat berliterasi sudah tumbuh cukup baik di MA Unggulan Nuris. Terbukti dengan berbagai raihan prestasi lomba bidang kepenulisan yang diraih. Semisal Juara 1 lomba Karya Tulis Ilmiah bidang kesehatan di Bali tahun 2016 tingkat nasional, Juara 1 esai tingkat nasional di Yogyakarta tahun 2018, juara harapan 1 lomba KTI biokimia tingkat nasional di Surabaya tahun 2018.

(baca juga: Class Motivation bersama KH. Muhammad Nur Hayid di MA Unggulan Nuris)

MA Unggulan Nuris juga rutin memfasilitasi penerbitan buku karya siswanya. Melalui manajemen Seksi Penjamin Mutu Siswa di Yayasan Nurul Islam Jember, buku antologi puisi “Muara Sunyi Ilahi” karya Nabila Hilmiah dkk. telah terbit pada bulan Maret 2018 lalu. Bahkan, saat ini lembaga berslogan Go International tersebut sedang mempersiapkan buku karya siswa tebaru.

“Semoga seminar literasi bertema Semangat Literasi, Membangun Insan Bijak dan Cerdas ini mampu memberi manfaat. Siswa kami mampu menjadi penulis hebat, berdakwah melalui literasi yang bijak dan santun sesuai dengan tuntutan zaman digital seperti saat ini.” tutup Ning Balqis.[AF.Red]

Agus Iswanto (tengah) bersama Sunardi (kiri) Kesiswaan MA Unggulan Nuris, dan Achmad Faizal (kanan) Kepala Ekskul Nonsains MA Unggulan Nuris

sebagian peserta seminar saat mengabadikan momen bersama Agus Iswanto dan Achmad Faizal

Related Post