Kapolres Jember Diklat Profesionalitas Pengaman dan Ketertiban Pesantren Nuris Jember

Kapolres Jember Diklat Profesionalitas Pengaman dan Ketertiban Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Pesantren Nuris Jember, melalui Koordinator Kepesantrenan baik putra dan putri, Ustad Hosaini, dan Bidang SDM pesantren, Ustad Abu Bakar, terus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan bagi seluruh santri yang bermukin di asrama. Kali ini, tepat hari Sabtu dan Ahad, tanggal 01 dan 02 September 2018 segenap pengurus pesantren mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang dipimpin langsung oleh jajaran Kapolres Kabupaten Jember.

Diklat bertajuk Pelatihan Pengurus Pesantren Nuris Jember bersama Kapolres, Menuju Pondok Pesantren yang Tertib dan Aman dibuka langsung oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Gus Abdurrahman Fathoni, S.H., M.Si. Sekaligus membuka pelatihan itu, dia menuturkan, “Kami memprogramkan dengan berkerja sama dengan Kapolres Jember agar semakin meningkatkan profesioalitas jajaran pengurus pesantren dalam menjaga kondusivitas di Nuris.”

(baca juga: Wujudkan Pengurus dan Guru Kader Pesantren Profesional melalui Diklat)

“Pelatihan ini diselenggarakan selama 2 hari dengan materi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pesantren yang dapat diampu oleh jajaran Kapolres Jember. Mereka kan memang pejabat berwenang dengan kemampuan yang sudah tak diragukan lagi. Maka, kami akan menyerap ilmu dari bapak-bapak ini agar santri di Nuris merasa nyaman, aman, sehingga fokus dalam belajar dan meraih barokah.”

Pada hari pertama, diklat dimulai jam 07.30 s.d 11.30 WIB di Gedung Gelanggang Olahraga Nuris dengan 2 materi pokok yakni, PBB (Pengetahuan Baris-berbaris) dan Penanganan Lalu Lintas. Peserta diklat khusus untuk satpam (satuan pengamanan) di lembaga Yayasan Nurulk Islam Jember, pasukan khusus pesantren (pasus), dan segenap pengurus pesantren. Narasumber diklat tersebut di antaranya, Iptu Sucipto, Juliadi, S.H., Feldi Maulana, dan Didik Yuniar Susanto.

(baca juga: Seminar Literasi di MA Unggulan Nuris, Semangat Kebangkitan Hari Aksara Internasional 2018)

Sementara itu, diklat pada hari kedua diikuti oleh setiap kepala asrama baik putra maupun putri, sekretaris dan bendahara kepesantrenan, divisi khusus keamanan, dan satpam lembaga di Yayasan Nurul Islam jember. Materi yang akan didapatkan peserta diklat adalah pengamanan situasi, kondisi, dan menjaga ketertiban, serta metode intelegensi dalam mengantisipasi dan mengatasi konflik. Diklat yang dimulai jam 08.00 s.d 15.00 WIB di Aula Nuris ini diisi oleh Iptu Sucipto, Ipda Dian Eko T., S.H., dan Ary Kususanto.

Ustad Anwar Sanusi, selaku ketua panitia diklat ini mengatakan, “Diklat ini sangat bermanfaat dalam memberikan pengetahuan pola pengamanan bagi seluruh pengurus pesantren. Semoga pengurus semakin bisa meningkatkan kenyamanan dan ketertiban di pesantren. Semakin banyak santri di sini tentu membutuhkan peningkatan pelayanan. Insya Allah berkah.”[AF.Red]

Iptu Sucipto saat memberi materi kepada Pengurus Pesantren Nuris Jember di Aula Nuris

Jajaran Kapolres Jember memberi materi PBB kepada segenap pasus Nuris

Gus Abduh saat membuka diklat di hadapan pengurus pesantren

Related Post