Siswa SMA Nuris Ini Lolos Beasiswa Kedokteran di China

Pesantren Nuris– Alumni SMA Nuris Jember makin eksis saja. Sebab, alumni Nuris tidak hanya diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri saja, tetapi juga beberapa Perguruan Tinggi di luar negeri. Kali ini, Putri Dewi Chandra mendulang kesuksesannya melalui salah satu program Dahlan Iskan yang sudah fenomenal yaitu ITCC (Indonesia Tionghoa Culture Centre). Program Dahlan Iskan ini memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia yang berkeinginan kuliah gratis di Negeri Tirai Bambu, China.

Alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2018 ini, resmi menjadi mahasiswa fakultas Kedokteran Universitas Hubey Science and Tecnology China. Banyak hal yang harus dipersiapkan setelah dinyatakan lolos seleksi  ITCC (Indonesia Tionghoa Culture Centre) 2018. Pelatihan selama kurang lebih tiga bulan di Surabaya harus diikuti oleh gadis kelahiran Banyuwangi tersebut. Selama kurang lebih tiga bulan, dia mengikuti pelatihan toefl, bahasa Mandarin, juga bahasa Inggris kedokteran atau lebih dikenal dengan belajar anatomi tubuh, juga MCU (Medical Check-Up).

Gadis yang kerap disapa Putri ini, mendapat subsidi biaya kuliah. Jadi dia hanya membayar setengah dari biaya kuliah yang ditentukan. Dia mengambil strata 1 (S1) dan akan menempuh studi selama kurang lebih 4 tahun. Putri merupakan seorang anak kepala desa desa Buju Tengah kecamatan Batumarmar kabupaten Pamekasan. Motonya memilih kuliah ke luar negeri adalah untuk mencari pengalaman baru dan siap mengabdi untuk Indonesia.

“Awalnya saya kaget sekali dengan bahwa saya diterima kuliah idi China, fakultas Kedokteran pula. Menjadi seorang dokter adalah cita-cita saya sejak kecil. Setelah lulus saya siap mengabdi untuk negeri, “ ungkap Putri.

Sabtu (22/9) lalu, sudah digelar acara pelepasan mahasiswa penerima beasiswa ITCC. Pelepasan itu berlangsung begitu khidmat di DBL Academy Basketball School Surabaya. Sekitar 360 penerima mahasiswa, walikota Surabaya, Walikota Surabaya, Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta pejabat lainnya hadir dalam acara tersebut.

Untuk lolos beasiswa ITCC ini, peserta harus memiliki kemampuan toefl yang baik minimal 450. Tentunya tidak mudah untuk bisa diterima beasiswa tersebut. “Memiliki kemampuan toefl yang tinggi merupakan kunci untuk lolos tes beasiswa ITCC ini. Saya berpesan kepada adik-adik saya untuk tetap selalu bersemangat, tidak mudah putus asa, dan tuntutlah ilmu setinggi-tingginya,” imbuhnya. (Red/Yuv)

Nama : Putri Dewi Candra Kirana

Alumni : Lembaga SMA Nuris Jember, 2018

Kuliah : Universitas Hubey Science and Tecnology China, jurusan Kedokteran

Related Post