Satu Lagi, Alumni SMA Nuris Jember Go Internasional Sekaligus Rebut Beasiswa di Taiwan

Pesantren Nuris– Nampaknya SMA Nuris Jember semakin populer, tidak hanya di tingkat kabupaten Jember dan provinsi Jawa Timur saja, melainkan tingkat nasional hingga internasional. Terbukti, satu lagi alumni SMA Nuris Jember tembus kuliah hingga ke Taiwan. Qobith Ahmad Al-Gufron, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2018 ini lolos seleksi ITCC (Indonesia Tionghoa Culture Centre) 2018 dan diterima di Shofu University jurusan Administrasi Bisnis.

ITCC merupakan program yang digagas oleh Dahlan Iskan.  Program tersebut memberikan kesempatan bagi 360 pelajar Indonesia yang memiliki keinginan kuliah di China dan negeri Tirai Bambu. Merupakan kebanggaan bagi Qobith dan SMA Nuris Jember. Sebab, dia berhasil kalahkan ratusan peserta lainnya yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

(baca juga: Bermodal Keuletan dan Puasa Daud, Alumni Nuris Ini Sukses Tembus Kuliah ke Luar Negeri)

Nampaknya Qobith terinspirasi dari sosok Ayahnya. Sosok Ayah yang selalu bekerja keras dan sukses menjadi pengusaha tahu di Kalimantan walaupun pendatang, sedangkan Ibunya hanya Ibu rumah tangga. Prinsipnya untuk melanjutkan pendidikan begitu kukuh. Prinsipnya adalah percaya diri dan tidak mendengar omongan orang lain yang dapat mematahkan semangat.

Motivasinya memilih kuliah di luar negeri adalah mendapatkan beasiswa bersubsidi. Jadi dia hanya membayar setengah dari biaya kuliah yang telah ditetapkan. Total biaya kuliahnya setiap semester lumayan besar, yakni sekitar 38 juta rupiah. Dengan begitu, dia membayar 19 juta rupiah. Sisa biaya kuliahnya akan Qobith usahakan sendiri. Dia berencana kuliah sembari bekerja. Sisa waktu kuliah bisa dimanfaatkan untuk bekerja.

“Yang saya suka saat memilih kuliah di Taiwan adalah selain biaya kuliah yang disubsidi, saya bisa bekerja di sisa waktu kuliah. Hasilnya bisa saya gunakan untuk memenuhi biaya kuliah. Namun, tujuan saya yang utama adalah kuliah. Setelah lulus kuliah nanti, saya akan kembali ke Indonesia dan berbakti untuk negeri,” ungkap Qobith. “Saya berharap adik-adik saya tetap semangat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Jangan pernah menyerah untuk menggapai mimpi,” tambahnya.

(baca juga: Siswa SMA Nuris Ini Lolos Beasiswa Kedokteran di China)

Rencananya Qobith akan berangkat ke Taiwan sekitar awal bulan Oktober mendatang. Sebelum berangkat, dia mengikuti pelatihan selama kurang lebih lima bulan di Surabaya. Pelatihan yang diberikan di antaranya pelatihan toefl, bahasa Mandarin, dan MCU (Medical Check-Up). Acara pelepasan pun sudah dilaksanakan Sabtu lalu (22/9) di DBL Academy Basketball School Surabaya. (red/Yuv)

Nama : Qobith Ahmad Al-Gufron

Alumni : SMA Nuris Jember, 2018

Kuliah : Shofu University jurusan Administrasi Bisnis.

Related Post