Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia

Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia

Pesantren Nuris – Keberhasilan Ayu Novita Sari, siswa kelas XII IPS 1 SMA Nuris Jember, meraih juara cerpen nasional LPDP Universitas Indonesia, Jakarta sangat membanggakan (24/09/2018). Lomba bergengsi ini diselenggarakan oleh alumni peraih beasiswa LPDP UI yang terbuka untuk umum (pelajar dan mahasiswa) dengan mendatangkan juri sastrawan multitalenta kenamaan yakni, Seno Gumira Ajidarma.

Ayu, sapaan akrabnya, merupakan peserta aktif ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra di Nuris. Melalui pembinaan intensif dengan pembina yang profesional, dia benar-benar dapat mempersiapkan lomba ini yang pengumpulan naskahnya dimulai sejak bulan Juli hingga 31 Agustus 2018.

“Sebenarnya terdapat 2 siswa terbaik kami yang turut serta mengikuti lomba menulis cerpen nasional ini. Selain Ayu ada juga Tasya Dea Amalia, peraih juara cerpen nasional pula saat lomba di Universitas Veteran, Semarang. Meski lomba ini terbuka untuk umum, mereka tetap percaya diri dalam menyiapkan karya terbaik mereka.” Tutur Achmad Faizal, Kepala Ekskul Nonsains Nuris.

(baca juga: Sering Juara Kelas, Kini Juara Lomba Cerpen Se-Provinsi Pula)

Pengumuman lomba cerpen nasional LPDP UI ini diluncurkan pada hari Senin, 24 September 2018. Nama Ayu Novita Sari, dengan cerpennya, Munder, meraih juara harapan 1. Dia bersama 3 peserta terbaik lainnya yang menurut Seno Gumira Ajidarma, “Cerpen yang layak dan patut diapresiasi.”

Pemenang 1 diraih oleh Majenis Panggar Besi dengan judul cerpen Sesudah Matahari Terbit dari Barat, juara 2 diraih oleh Rizal Amri Yahya dengan judul cerpen Republiken, juara 3 diraih oleh Egi Mina Sari Putri dengan judul cerpen Karena.

“Saya bangga sekali dan tidak menyangka, saya bisa memenangkan lomba nasional. Apalagi lomba ini umum. Berkat arahan dan pembinaan dengan mas Ibnu Wicaksono, Pembina ekskul penulisan kreatif, saya bisa lebih percaya diri dan ide itu saya kembangkan dengan baik.” Kata Ayu.

(baca juga: Dari Triyanto Triwikromo hingga Juara Sayembara Cerpen Mitologi Nasional di Semarang)

“Temanya bebas, kebetulan cerpen yang saya buat tentang kebudayaan di sekitar saya, Banyuwangi. Alhamdulillah bisa terpilih menjadi salah satu yang terbaik. Selain kemenangan ini, semoga Banyuwangi semakin dikenal sebagai daerah yang kaya budaya.” Tambah gadis cerdas yang bercita-cita bisa kuliah di Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada ini.[AF.Red]

Related Post