Masuk Nominasi Nasional FLS 2018, Faidiyatul Hidayah Elbas dapat Undangan Dirjen Kemendikbud Jakarta

Masuk Nominasi Nasional FLS 2018, Faidiyatul Hidayah Elbas dapat Undangan Dirjen Kemendikbud Jakarta

Pesantren Nuris – Faidiyatul Hidayah Elbas, siswa kelas XII IPS 2 SMA Nuris Jember akan berlaga pada ajang Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat nasional dalam bidang lomba cipta syair di Jakarta pada tanggal 26 Oktober 2018. Keikutsertaan siswa cerdas asal Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember ini karena mampu menyisihkan lebih dari 1243 peserta dari seluruh sekolah di Indonesia (24/09/2018).

Syair karya Fai, sapaan akrab remaja pecinta puisi ini, berjudul “Kelangan” masuk 30 karya terbaik. Dia mendapat undangan langsung dari Direktorat Jenderal Kemendikbud di Jakarta untuk mengikuti serangkaian agenda pembinaan dan pelatihan kepenulisan selama sepekan. Dalam surat bertanda tangan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktur Pembinaan SMA, Drs. Purwadi Sutanto, M.Si, tertulis agenda pembinaan kepenulisan dimulai tanggal 26 s.d. 31 Oktober 2018.

(baca juga: Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia)

“Bangga dan senang sekali bisa dapat undangan langsung dari Dirjen Kemendikbud di Jakarta. Syair yang saya buat tidak saya sangka mendapat apresiasi dan menjadi tiket mengikuti kegiatan pembinaan kepenulisan selama sepekan gratis di Jakarta.” Ungkap Fai.

“Pembinaan selama sepekan lebih dan proses menulis syair berkali-kali membuat saya semakin terlatih. Kegiatan ekskul kepenulisan dan hobi saya terhadap sastra membuat saya terlatih selama berada di Nuris. Ini menjadi kesempatan yang luar biasa, alhamdulillah, saya mewakili Provinsi Jawa Timur lolos ke Jakarta.”

(baca juga: Dari Triyanto Triwikromo hingga Juara Sayembara Cerpen Mitologi Nasional di Semarang)

Capaian prestasi siswa SMA Nuris Jember tingkat nasional ini menjadi kebanggaan tersendiri terhadap perkembangan bidang literasi siswa. Melalui pengembangan ekstrakurikuler nonsains di bawah manajemen Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember, bakat dan potensi siswa dapat diasah dan mendapat apresiasi hingga nasional.

Gus Robith Qoshidi, Kepala SMA Nuris Jember mengungkapkan, “Terima kasih kepada Pembina dan manajemen ekskul nonsains yan berjuang membidik anak-anak kreatif untuk lomba literasi ini. Tentu saya sangat bangga atas undangan Dirjen Kemendikbud Jakarta atas prestasi Faidiyatul tersebut.”

(baca juga: Faidiyatul Raih Juara 1 Lomba Baca Cerpen Se-Provinsi di Unair Surabaya)

“Semoga bisa tembus dan tampil sebagai peraih juara 3 terbaik. Sebab, 30 peserta cipta syair mendapat undangan yang sama dari Aceh hingga Papua. Fai satu-satunya dari Jember, semoga sukses. Akan menjadi kebanggaan yang luar biasa dan tercatat dalam sejarah jika Fai berhasil. Sebab, ribuan karya siswa yang diseleksi dalam lomba tersebut.” Imbuhnya.[AF.Red]

Related Post