Solid dan Cekatan, Pramuka SMA Nuris Jember Rebut 1 Piala LLA Giri Wana Rally XIII Tingkat Provinsi

Solid dan Cekatan, Pramuka SMA Nuris Jember Rebut 1 Piala LLA Giri Wana Rally XIII Tingkat Provinsi

Pesantren Nuris – Prestasi SMA Nuris Jember terus mengalir di berbagai bidang. Selain bidang sains, bahasa, dan keterampilan, kini empat siswa Pramuka Korps Yudhisuma SMA Nuris Jember mampu rebut 1  piala Provinsi Jawa Timur dalam ajang Lomba Lintas Alam (LLA) Giri Wana Rally XIII pada hari Ahad, 29-30 September 2018 lalu.

Satu piala yang direbut oleh Pramuka SMA Nuris Jember adalah kategori kekompakan tim. Nyaris saja, siswa binaan Kak Anzilni Firdaus ini meraih juara umum andai mampu merebut maksimal 2 kategori piala dengan peringkat pertama. Sebab, Juara umum yang diraih oleh SMKN 5 Jember juga hanya mampu meraih 2 piala dengan peringkat pertama.

Meski demikian, Pramuka SMA Nuris Jember tetap bisa berbangga dengan raihan 1 piala tingkat Jawa Timur tersebut. Pasalnya, terdapat 30 tim lebih yang turut serta dalam lomba yang diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Jember ini. Anggota tim Pramuka SMA Nuris Jember yang turut serta, yakni Abdul Kharis Kurniawan (XII IPS 1), M. Sanjay Ashif S. (XII IPS 2), M. Syifa’ Tri Ananda (XII IPA 2), dan Rifky Maulana Fakih (XII IPA 2).

(baca juga: Banjir Juara untuk MTs Unggulan Nuris Ajang MIC 2018)

Lomba Lintas Alam Giri Wana Rally XIII berlokasi di Hutan RPH Glundengan, BPKH Wuluhan, KPH Jember. Rute yang dilewati kurang lebih sejauh 12 km dengan medan yang menantang dan 4 kategori lomba yang diperebutkan. Kategori tersebut yakni, Kekompakan, Peduli Lingkungan, Kecepatan Waktu, dan Navigasi Darat, serta tambahan untuk peserta penggalang yakni kategori junior adventure.

“Kami harus puas dengan 1 piala kekompakan ini. Meski kami sebenarnya sudah bersiap merebut juara umum. Dari Nuris hanya mengirim 2 tim dengan pangkalan berbeda, SMA Nuris Jember dan SMK Nuris Jember. Sedangkan sekolah lain setiap tim sekolah mengirim minimal 3 atau 5 tim. Jadi, kesempatan juara umum yang mereka rebut dalam satu pangkalan sangat besar.” Kata Abdul Kharis K., ketua tim Pramuka SMA Nuris Jember.

(baca juga: Juara 2 Musabaqoh Fahmil Quran Tingkat Jatim, Gemilang Prestasi MA Unggulan Nuris)

“Terus belajar dan berusaha untuk ajang pramuka ke depan. Kami bisa berpartisipasi dalam ajang besar oleh Saka Wanabakti Cabang Jember menjadi suatu kehormatan tersendiri sebagai solidaritas antaranggota Pramuka dan peningkatan skill atau mental kami. Sebab, Pramuka di Nuris sudah sangat diperhitungkan.” Imbuh siswa kelas XII IPS 1 SMA Nuris Jember tersebut.

Upaya peningkatan potensi Pramuka di Yayasan Nurul Islam Jember, Manajemen Seksi Penjamin Mutu Siswa terus berupaya membuat program yang sistematis dan progresif. Ini akan dilaksanakan bertahap seperti, diklat internal dengan mendatangkan pembina senior dari instansi terkait, latihan gabungan, diklat lapang, dan program unggulan Pramuka lainnya.[AF.Red]

Dokumentasi Tim Pramuka SMA Nuris Jember dan SMK Nuris Jember saat berlaga di LLA Giri Wana Rally XIII tingkat Jatim

Related Post