Belajar Menulis Bersama Arief Hidayatullah

Judul Buku      : Menulis Inspirasi
Penulis             : Arief Hidayatullah
Tebal Buku      : 88 halaman
Penerbit           : Buku Litera Yogyakarta
Tahun Terbit    : 2011

Sinopsis

Menulis Inspirasi merupakan karangan seorang penulis yang juga aktif dalam dunia Pusat Kajian Ilmu Sosial dan Politik (PKSP), yaitu Arief Hidayatullah. Banyak pengalaman yang telah beliau lewati mengenai dunia jurnalistik dan sampai saat ini sudah banyak buku karangan beliau yang telah hadir di hadapan kita dan bisa kita ambil ilmu dari buku-buku karangan beliau, salah satunya adalah buku yang berjudul Menulis Inspirasi.

Buku ini berisikan berbagai motivasi yang dapat memacu kita untuk menulis. Banyak sekali ilmu yang dapat kita ambil dari buku yang berjudul Menulis Inspirasi ini, terdapat berbagai cara untuk menulis yang dapat mempermudah kita dalam menulis sebuah karya sastra, diantaranya adalah membaca, karena dengan membaca kita akan memperoleh banyak ilmu, semakin sering kita membaca maka semakin luas pengetahuan yang kita miliki. Kedua adalah menulis apa saja yang menjadi atau yang ingin kita ingat, karena pada dasarnya kuadrat manusia adalah pelupa, tetapi bukan berarti kita membiarkan diri kita terus dalam kondisi “setengah mati” (pelupa) tersebut. Kita bisa mengatasinya dengan cara menulis apa saja yang menjadi atau yang ingin kita ingat dan masih banyak lagi cara untuk menulis yang dapat mempermudah kita dalam menulis sebuah karya sastra, yang terdapat di dalam buku karangan Arief Hidayatullah ini.

(baca juga: Resensi Buku Risalah Thaharah Menuju Ibadah yang Sempurna)

Berbagai pertanyaan mengenai dunia menulis juga dapat terjawab di dalam buku karangan Arief Hidayatullah ini, di antaranya adalah “Mengapa kita harus menulis?”, “Apa manfaat yang bisa kita ambil dalam menulis atau menciptakan suatu karya sastra?”, “Bagaimana cara kita untuk menemukan sebuah inspirasi?”, “Apakah menulis itu memerlukan keahlian khusus?” dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang dapat terjawab di dalam buku Menulis Inspirasi ini.

Kelebihan

Buku berjudul Menulis Inspirasi, memiliki gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca. Sebab, buku tersebut memberikan banyak manfaat dan ilmu untuk untuk pembaca khususnya di bidang jurnalistik. Terdapat kisah penulis yang dapat lebih meyakinkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tulis menulis atau menghasilkan suatu karya sastra.

Kekurangan

Isi dari buku Menulis Inspirasi karangan Arief Hidayatullah ini sudah sangat baik, tetapi tampilannya kurang menarik. Pembaca akan merasa bosan, karena tidak terdapat gambar yang dapat menarik minat pembaca.

(baca juga: Resensi Novel 5CM : Sahabat Sejati, Sukses Bersama

Nilai Bu

Buku Menulis Inspirasi ini cocok sekali dimiliki oleh semua kalangan. Sebab, inspirasi menulis dibutuhkan oleh semua kalangan.

Peresensi adalah Ahmad Zadun Naja, siswa MA Unggulan Nuris kelas XI PK B.

Related Post