Gelar Ujian Ekstrakurikuler (UES), Siapkan Mental Juara

Pesantren Nuris– Ekstrakurikuler nonsains tidak sekedar melaksanakan pembinaan belaka. Setelah melaksanakan pembinaan bersama tentor-tentor hebat dalam waktu hampir satu semester, pihak ekstrakurikuler mengadakan ujian ekstrakurikuler (UES) semester ganjil. Ujian ekstrakurikuler ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua pekan pada 5-12 November 2018 pukul 15.30-17.00 WIB, saat jam ekstrakurikuler.

Dilaksanakan ujian ekstrakurikuler ini untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa di bidang yang diminatinya. Selain itu, ujian tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kualitas siswa sesuai dengan bidang ekstrakurikuler yang diikuti juga untuk mempersiapkan mental siswa dalam berkompetisi.

(baca juga: Hadirkan Tentor Berbakat dan Berprestasi, Ekstrakurikuler Nonsains Nuris Jadikan Siswa Luar Biasa)

Secara umum bentuk ujian yang diberikan adalah ujian praktik sesuai dengan jenis ekstrakurikuler yang diikuti. Misalnya untuk ekstrakurikuler kepenulisan ujian dilaksanakan dalam bentuk praktik menulis, untuk ujian broadcasting, siswa praktik di bidang reportase, dan lain-lain. Masing-masing ekstrakurikuler memiliki passing grade kelulusan atau kriteria kelulusan minimal yang berbeda.

Seluruh anggota ekstrakurikuler nonsains mengikuti ujian dengan antusias sekali. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik. “Ujian ekstrakurikuler wajib diikuti, sebab melalui ujian tersebut kita bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan kita setelah mengikuti pembinaan. Apapun hasilnya saya akan tetap mengikuti pembinaan dengan baik, sebab bakat yang kami miliki harus dikembangkan,” ungkap salah satu anggota ekstrakurikuler broadcasting.

Ujian ekstrakurikuler ini memang menjadi agenda rutin Kasi Penjamin Mutu Siswa yang dilaksanakan setiap akhir semester. Sejak dilaksanakan ujian, hasil yang didapatkan siswa cukup memuaskan. Nilai yang didapat mereka melampaui passing grade yang telah ditetapkan.

(baca juga: Cetak Generasi Ahli Sains, M-Sains Nuris Ukur Kemampuan Siswa dengan OSS)

“Ujian ekstrakurikuler ini merupakan agenda rutin Kasi Penjamin Mutu Siswa yayasan Nurul Islam Jember sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan pembinaan ekstrakurikuler nonsains. Alhamduillilah sejauh ini hasil ujian siswa kami cukup bagus dan melampaui passing grade,” kata Achmad Faizal, kepala ekstrakurikuler nonakademik Nuris. (red/Yuv)

 

Related Post