Al-Daiba’i Pengarang Shalawat Daiba’iyyah

Soal :

Shalawat yang sering dibaca dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw adalah Mawlid al-Daiba’i yang dikenal denan diba’an. Siapakah pengarang diba’an tersebut?

Jawab:

Sayyid Alawi Maliki mengatakan:

هُوَ وَجِيْهُ الدِّيْنِ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ مُحَمَّدٍ الشَّيْبَانِيِّ الْيَمَنِيِّ الزَّبِيْدِيِّ الشَّافِعِيِّ (الْمَعْرُوْفِ بِابْنِ الدَّيْبَعِ , وَالدَّيْبَعُ بِمَعْنَى الْأَبْيَضِ بِلُغَةِ السُّوْدَانِ هُوَ لَقَبٌ لِجَدِّهِ الْأَعْلَى بْنِ يُوْسُفَ) وُلِدَ فِى الْمُحَرَّمِ سَنَةَ ٨٦٦ هـ وَتُوُفِّيَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَانِيَ عَشَرَ مِنْ رَجَبَ الْفَرْدِ سَنَةَ ٩٤٤ هـ. وَكَانَ صَدُوْقَ اللِّسَانِ حَسَنَ اللَّهْجَةِ حُلُوَّ الْحَدِيْثِ (مولد الحافظ ابن الديبع، ص ٥)

“Dia adalah Wajihuddin Abduraahman bin Ali bin Muhammad al-Syaibani al-Yammani al-Zabidi al-Syafi’i (yang dikenal dengan Ibn al-Daiba. Al-Daiba menurut bahasa Sudan artinya putih. Itu julukan kakeknya yang paling agung bin Yusuf). Beliau dilahirkan pada bulan Muharram tahun 866 H dan wafat pada hari Jumat tanggal 12 Rajab tahun 944 H. (Jadi usia beliau adalah kurang lebih 76 tahun). Beliau seorang yang jujur, lemah lembut tutur katanya dan indah bahasanya.” (Mawlid al-Hafizh Ibn al-Daiba’, 5)

(baca juga: Al- Barzanji Pengarang Shalawat al-Barzanji)

Dalam bidang fiqh, beliau bermadzhab Syafi’i. Oleh sebab itu, beliau termasuk golongan Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah, karena masih mengakui an mengikuti salah satu madzhab yang empat. Banyak hal yang bisa dijadikan bukti bahwa beliau termasuk ggolongan Sunni. Antara lain, di dalam shalawat yang dikarang, beliau mengatakan:

يَارَبِّ وَارْضَ عَنِ الصَّحَـــــــابَةْ # يَارَبِّ وَارْضَ عَنِ السُّـــــــــلاَلَةْ
(مجموعة موالد و أدعية، ٦٦)

 “Ya Allah, ridhailah para sahabat Nabi Saw. Ya Allah ridhailah keturunan Nabi Muhammad Saw (Majmu’ Mawalid wa al-Ad’iyyah, 66)

(baca juga: Tarji’ dalam Adzan)

Jelas al-Daiba’i sangat menghormati para sahabat dan Nabi Muhammad Saw. Dan hal itu merupakan ciri khas dari Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah.

Sumber: KH Muhyiddin Abdusshomad. 2010. Fiqih Tradisionalis. Surabaya: Khalista.

Related Post