Tingkatkan Administratif Berbasis Digital, Pengurus Pesantren Dapatkan Pelatihan Khusus

Menuju Pesantren Digital, Teknologi untuk Kemaslahatan Santri 

Pesantren Nuris – Segenap jajaran pengurus Pesantren Nuris Jember, mulai dari bidang perizinan, keamanan, hingga kepala asrama  mengikuti pelatihan khusus di laboratorium komputer Nuris pada hari Ahad, 04 Noveber 2018 lalu. Mereka mendapat pengetahuan dan wawasan bagaimana membuat dan melengkapi data administrasi santri berbasis digital sehingga lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaannya daripada secara konvensional.

Syaiful Anam, selaku pemateri dan penggagas pelatihan administrastratif berbasis digital di Pesantren Nuris Jember tersebut menyatakan, “Saya berusaha menyamakan persepsi kepada semua pengurus untuk meningkatkan data administrasi santri secara digital atau menggunakan database meski masih offline agar dapat dilakukan semua pengurus. Ini akan lebih efektif dan akurat setiap waktu dibutuhkan.”

Sebagai Staff Biro Kepesantrenan, Ustaz Anam, panggilan akrabnya, mengungkapkan pandangannya ke depan agar di Pesantren Nuris Jember sudah berbasis database untuk semua urusan kantornya. “Saya sangat optimis dengan kondisi di Nuris yang di mana guru dan asatidnya masih muda-muda. Masih dengan mudah mengikuti perkembangan teknologi.”

(baca juga: Disambut Hangat dan Meriah, Silaturahmi Kapolda Jatim ke Pesantren Nuris Jember)

Penggunaan aplikasi database untuk urusan kantor dapat menyimpan data sesuai Nomor Registrasi Santri (NRS) atau pula denngan Nomor Induk Siswa (NIS). Mulai biodata, raport hasil belajar, laporan prestasi, laporan pelanggaran, surat pernyataan, dan lain-lain dapat disimpan dalam database. Konon, aplikasi tersebut dapat menghemat ruang sebab data tersimpan rapi di komputer dan tidak menumpuk di kantor yang juga mudah hilang.

“Setiap waktu kita butuhkan, kita tinggal memasukkan data dalam aplikasi database. Semua tersimpan otomastis sesuai waktu. Bahkan, termasuk saat kita akan mengambil data, kita tinggal masukkan NRS atau NIS. Lalu, kita dapat langsung cetak. Ini akan memudahkan pekerjaan semua struktural dan guru di Nuris.” Imbuhnya.

Pelatihan ini langsung diapresiasi oleh Ustad Hosay selaku Koordinator Pesantren Nuris Jember. ”Semoga ini menjadi langkah awal menuju pesantren yang semakin mengakomodir dan meningkatkan pelayanan kepada santri. Mari kita bekerja sama meningkatkan komitmen dan tanggung jawab kita kepada santri dan walinya.”[AF.Red]

(baca juga: Gempita Hari Santri Nasional 2018 di Pesantren Nuris Jember)

 

Related Post