Perintis Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Perintis Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Soal:

Siapakah perintis pertama perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW?

Jawab:

Orang yang pertama kali menyelenggarakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Raja Muzhaffar Abu Sa’id Al Kukburi bin Zainuddin Ali bin Buktikin. Imam Jalaluddin al-Suyuthi mengatakan:

وَأَوَّلً مَنْ أًحْدَثَ ذَالِكَ صَاحِبُ إِرْبِلْ أَلْمَلِكُ الْمُظَفَّرُ أَبُوْ سَعِيْدٍ اَلْكُكْبُرِيّ بِنْ زَيْنِ الدِّيْنِ علَىِ بِنْ بُكْتِكِينْ أَحَدُ الْمُلُوْكِ الْأَمْجَادِ وَالْكُبَرَاءِ الْأَجْوَدِ…….. كَانَ يَعْمَلُ الْمَوْلِدَ الشَّرِيْفَ فِى رَبِيْعِ الْأَوَّلِ وَيَحْتَفِلُ إِحْتِفَالًا هَائِلًا. (الحاوى للفتاوى, ج 1 ص 252)

“Orang yang pertama kali mengadakan perayaan Maulid Nabi SAW penguasa Irbil, Raja Muzhaffar Abu Sa’id al-Kukburi bin Zainuddin Ali bin Buktikin salah seorang raja yang mulia, luhur, dan pemurah….Beliau merayakan Maulid Nabu Saw yang mulia pada bulan Rabi’ul Awal dengan perayaan yang meriah.” (Al-Hawi al-Fatawi, juz I, hal 252).

(baca juga: Tradisi Tahlilan)

Beliau adalah seorang raja yang shaleh dan bermadzhab Ahl Sunnah, yang terkenal sangat pemurah dan baik hati. Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman al-Dzahabi mengatakan, “Sultan yang agamis, raja Muzhaffaruddin Abu Sa’id Kukburi bin Ali bin Buktikin bin Muhammad al-Turkamani, penguasa al-Irbil …. Beliau adalah seorang yang rendah hati, baik budi, seorang sunni (termasuk golongan Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah) dan mencintai fuqaha dan ahli hadits. Beliau wafat tahun 136 H pada usia beliau 82 tahun.” (Tahdzib Siyari A’Iam al-Nubula, juz III, hal 224)

Sumber: KH Muhyiddin Abdusshomad. 2010. Fiqih Tradisionalis. Surabaya: Khalista.

Related Post