Agus Subairi Taklukkan Fisfala 2018, Raih Juara 1 Olimpiade Fiqih Tingkat Provinsi di UINSA Surabaya

Agus Subairi Taklukkan Fisfala 2018, Raih Juara 1 Olimpiade Fiqih Tingkat Provinsi di UINSA Surabaya

Pesantren Nuris – Prestasi membanggakan datang dari siswa cerdas MA Unggulan Nuris di kancah Provinsi Jawa Timur. Dia lah Agus Subairi, penakluk ajang Fisfala (Festival Islamic Family Law) 2018 dalam lomba Olimpiade Fiqih tingkat SLTA Sederajat di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya (02/11/2018).

Dengan menyisihkan total 160 peserta dari berbagai sekolah di wilayah Jawa Timur, Agus Subairi mampu menyelesaikan 120 soal dengan cermat dalam waktu 2 jam setengah. Perlombaan yang berlangsung dalam 1 babak ini, akhirnya panitia mengumumkan Agus Subairi sebagai juara 1 di ajang tersebut.

Rincian soal yang harus dikerjakan oleh seluruh peserta Fisfala 2018 yakni, 30 soal bab fikih ibadah, 30 soal bab fikih muamalah, 30 soal bab fikih jinayah, dan 30 soal bab fikih munakahat. Semua soal itu diambil dari kitab fikih klasik Fatkhul Qorib.

(baca juga: MA Unggulan Nuris Rebut Juara MSQ dan MKQ Kontemporer Ajang MTQ Kabupaten Jember 2018)

“Melalui persiapan intensif selama kurang lebih 2 pekan bersama Ustad Wafi, alhamdulillah saya sangat yakin dengan apa yang saya kerjakan di lomba ini. Apalagi materinya sesuai kisi-kisi itu menggunakan pedoman dalam kitab Fatkhul Qorib yang memang biasa kami pelajari.” Ungkap Agus Subairi, siswa kelas XII Program Keagamaan MA Unggulan Nuris tersebut.

“Senang sekali bisa membanggakan MA Unggulan Nuris di perlombaan ini. Ini lomba yang pertama kali saya ikuti, sangat mengesankan bisa juara 1. Semoga ini menjadi awal langkah saya untuk terus berprestasi.” Kata pemuda Asal Pulau Kangean, Sumenep, Madura ini.

Agus Subairi berhak mendapatkan tropi juara 1, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp1.000.000,00. Peraih juara lainnya yakni, Niki Nanda Nila dari MAN 3 Jombang sebagai juara 2, Achmad Mustafi S.J. dari MAN 3 Jombang sebagai juara 3, Muhammad Fiqhan Z. dari MA Khoiruddin Gondang Legi sebagai harapan 1, dan Jamaluddin dari MA Mansyaul Ulum Gondang Legi sebagai harapan 2.

(baca juga: Ungkap Peran Teknologi dan Generasi Muda, Anisa Citra Raih Juara Speech Contest di UIJ)

Ning Balqis Alhumairo, Kepala MA Unggulan Nuris, turut mengapresiasi raihan prestasi siswa terbaiknya ini. ”Senang dan bangga sekali mendapat kabar kemenangan anak kami di kancah Provinsi Jawa Timur. Semua berkat pembelajaran di madrasah dan pembinaan ekstrakurikuler yang baik sehingga menciptakan generasi yang siap berkompetisi dan berprestasi.”

“Di MA Unggulan Nuris terus meningkatkan keilmuan kitab klasik bagi jurusan Program Keagamaan dan sains bagi jurusan IPA. Memang mereka ingin kami fokuskan pada keilmuan masing-masing sehingga kelak menjadi generasi Islam yang ahli dan siap mengawal perdaban dengan  ilmu yang manfaat.” Imbuhnya.[AF.Red]

Related Post