Jalur SPAN-PTKIN 2019 sudah Digulirkan, Ayo Bergegas Siapkan Diri!!!

Jalur SPAN-PTKIN 2019 sudah Digulirkan, Ayo Bergegas Siapkan Diri!!!

Pesantren Nuris – Jalur masuk perguruan tinggi negeri pada UIN/IAIN/STAIN telah resmi digulirkan pada hari Senin, 28 Januari 2019 lalu. Khususnya, jalur SPAN-PTKIN 2019 (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang kini mulai masuk tahap pengisian dan verifikasi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) sejak tanggal 23 Januari sampai 28 Februari 2019.

Pendaftaran calon mahasiswa kampus negeri di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) juga dijadwalkan sejak tanggal 23 Januari sampai 28 Februari 2019. Sementara itu, proses seleksi dibagi dalam 2 tahap yakni, tahap 1 pada tanggal 08 sampai 15 Maret 2019 sedangkan tahap 2 dimulai tanggal 20 sampai 22 Maret 2019.

Seleksi siswa masuk kampus negeri favorit jalur SPAN-PTKIN 2019 ini hampir sama seperti sebelumnya, siswa harus menyertakan bukti prestasi baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Ini sangat berpengaruh pada kelulusan siswa selain akreditasi madrasah.

(baca juga: Yuk, Kepoin Hasil Tes Beasiswa Unggulan MA Unggulan Nuris, Ada yang Raih Platinum Tahfidz Alquran)

Perlu diketahui, akreditasi sekolah atau madrasah juga menjadi salah satu pertimbangan masuk seleksi nasional. Menurut info dari Kemenristek-Dikti yang juga berlaku pada seleksi SPAN-PTKIN ini, madrasah yang berakreditasi A mendapat jatah 40% siswa terbaik yang berkompetisi. Sekolah dengan akreditasi B sebesar 25% sedangkan sekolah berakreditasi C sebanyak 5%.

Saatnya madrasah di seluruh penjuru Indonesia bersiap dalam pendataan siswa-siswa terbaiknya. Ikuti alur pendaftarannya sesuai ketentuan, lakukan dengan jujur dan berintegritas, semoga mendapatkan hasil yang maksimal.

(baca juga: Pilih Satu Bidang dan Jadilah yang Terbaik)

Selain jalur SPAN-PTKIN 2019, masih ada kesempatan siswa mengikuti jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang informasinya akan digulirkan segera mungkin. Pengumuman hasil seleksi SPAN-PTKIN sendiri akan diluncurkan pada tanggal 01 April 2019.

Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilakukan sejak tanggal 06 sampai 10 Mei 2019. Selamat berjuang, semoga siswa-siswa yang gigih dan telah menyiapkan segalanya diberi kemudahan dan keberhasilan. Karena kesuksesan adalah suatu capaian yang hanya akan diraih oleh siswa-siwa yang berusaha dan khusuk dalam berdoa.[AF.Red]

(laman resmi terkait: Panitia Resmi SPAN-PTKIN)

Related Post