Mengenal Ulama Hadis, Maulana Zakariya Al Kandhlawi

Mengenal Ulama Hadis, Maulana Zakariya Al-Kandhlawi

Penulis: Fela dan Tia

Bagi kalian pecinta ilmu hadits pasti tidak asing dengan ulama yang bernama Maulana Zakariya Al-Kandhlawi. Beliau merupakan salah satu ulama yang dijuluki Syaikhul Hadits atau guru besar dalam ilmu hadis. Syaikhul Hadis Maulana Zakariya Al-Kadhlawi bernama lengkap Muhammad Zakariya bin Maulana Muhammad Yahya bin Maulana Muhammad Ismail Rahmatullaj Alaihim. Nasab beliau sampai pada sahabat besar yaitu Sayyidina Abu Bakar AS Siddiq RA. Ulama Hadis tersebut di tanah Bollywood tepatnya di Kampung Kandahlah, Provinsi Utara Prades, India yaitu pada tanggal 10 Ramadhan 1315H/ 12 Februari 1898.

Maulana Zakariya Al-Kandhlawi dibesarkan dalam keluarga yang terkenal dengan kesalehan, kewara’an, dan ketakwaan. Beliau mulai menghafal Alquran dan belajar ilmu-ilmu dasar agama dari Ayah beliau sendiri. Selain itu, Maulana Zakariya senantiasa mengulang hafalannya sampai 100 kali. Pada usia 20 tahun beliau diangkat sebagai pengajar hadis di Pondok Pesantren Madhuhirul Ulum As Saranpur. Namun, tak lama kemudian, beliau diangkat sebagai pimpinan pengajar untuk mengajarkan kitab Shahih Bukhari secara sempurna dan sejak saat itu beliau mendapat julukan syaikhul hadis.

(baca juga: Abu Hurairah, Tidak Ada Kata Terlambat)

Selain itu, Syaikhul Hadis tersebut merupakan seorang tokoh muslim sunni (Ahlussunnah Waljamaah) terkemuka di India. Beliau mengikuti sekolah pemikiran Darul Ulum Deobandi. Deobandi adalah Islam Sunni paham gerakan politik yang timbul dan memulai dari India dan Pakistan. Kemudian, menyebar ke negara-negara lain seperti Afganistan, Afrika Selatan, dan Inggris.

Syaikh Maulana Zakariya Al-Kadhlawi wafat pada tanggal 1 Syaban 1402 H/1982 M di kota Madinah Al-Munawwaroh. Jasad beliau dimakamkan berdampingan dengan guru beliau As. Syaikh Al Muhaddits Kholil Ahmad As Saranpuri. Semoga kita dapat limpahan barokah dari beliau. Amin..

Penulis merupakan siswa kelas X PK A MA Unggulan Nuris yang juga anggota aktif ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post