Cerdas dan Cermat Menata Barang ala Santri

Penulis: Alfin Selfiana

Assalammualaikum sahabat muslim, bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa dalam kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Kali ini, kami anggota jurnalistik akan berbagi tips jitu untuk menata barang ala santri. Sahabat muslim barang merupakan suatu benda yang berwujud dan memiliki nilai sehingga jika seseorang ingin mendapatkanya haruslah digunakan. Ketika kita hidup di sebuah pesantren haruslah kita pintar-pintar menata barang karena dalam satu kamar tidaklah hanya kita sendirian namun masih banyak santri lainnya. Yang mana harus mewajibkan kita untuk berbagi. Loh kamar di pesantren kan kecil, trus bagaimana kita bisa menata barang kita yang banyak itu dengan harus berbagi ? Jangan khawatir tips, berikut tips cerdas menata barang walau harus berbagi. Simak ya!

Tatalah lemari dengan rapi mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Maksudnya, kita harus menata lemari secara berderet dari yang tinggi hingga yang rendah seperti air terjun yang mengalir mulai dari lahan tinggi hingga yang rendah supaya kamar tetap terlihat luas.

(baca juga: Gak Mau Sakit Saat Musim Hujan, Yuks Intip Tips Berikut)

Tatalah gantungan baju secara rapi dengan mengelompokkan baju sesuai dengan jenisnya. Supaya terlihat rapi gantunglah pakaian sesuai dengan jenisnya. Misalnya atasan dikelompokkan dengan rapi dengan atasan lainnya, dan seterusnya. Baju sragam ditata di sebelah kiri baju biasa di tengah dan handuk di kanan.

Tatalah kasur dengan rapi di sudut ruangan dan jangan biarkan seseorang menghancurkannya sebelum bel tidur. Mengapa tidak boleh menghancurkannya? Sebab jika sebelum bel tidur kasur itu di hancurkan maka akan berserakan di mana-mana sehingga membuat kamar terasa sempit dan kotor jika kita kehilangan barang pun sulit untuk mencarinya.

Letakkan timba dan sabun di belakang pintu kemudian tata secara rapi. Timba ditata dalam keadaan kosong agar kelihatan rapi kemudian sabun harus juga ditata rapi dalam keadaan kering tdak boleh ada genangan air yang membuat orang terpeleset.

Buatlah sebuah lemari umum. Jadi semua barang yang menjadi milik kamar lettakkan di lemari tersebut, nah lemari yang kita gunakan ambillah lemari milik alumni yang ditinggalkan di pesantren.

(baca juga: Tips Percaya Diri Saat Tampil di Muka Umum)

Kenapa kita perlu berbagi? karena berbagi juga dapat mempererat ikatan persaudaraan. Selain mempererat ikatan persaudaraan, berbagi juga dapat memberi pahala. Jadi,apa salahnya jika kita berbagi, Toh…Tidak ada ruginya kok…, “Berbagi kepada sesama adalah hal penting, karena tanpa berbagi kita sebagai manusia kehilangan arah dan arti dari makhluk sosial itu sendiri”. Nah itu dia sahabat muslim tips yang bisa saya bagikan saat ini selamat mencoba dan semoga berhasil ya wujudkan rasa saling berbagi dia antara kita, nantikan tips-tips saya berikutnya Wassalammualaikum.

Penulis adalah siswa SMA Nuris Jember kelas XI IPA 2. Penulis aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post