Ingin Mudah Belajar Kitab? Yuk Intip Tips Berikut

Penulis: Sirli Qurrota Aini

Assalamualaikum sahabat santri. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Swt. Kitab merupakan sesuatu yang wajib dipelajari oleh santri. Pastinya bagi kalian para santri baru akan merasakan kesulitan ketika pertama kali mempelajari kitab. Sepertinya dalam benak kalian terpikirkan bahwa belajar kitab itu susah. Padahal belajar kitab itu mudah. Jangan khawatir, kami anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net memiliki tips jitu untuk menghafal kitab. Yuk simak selengkapnya tips mudah belajar kitab ala santri Nuris.

Pertama, kalian harus mengenal beberapa kata dasar dari bahasa Arab. Kalian bisa mulai menghafal kosa kata (mufrodat) yang terdapat di dalam kitab kalian. Dengan menguasai banyak kata dasar dari bahasa Arab, pasti kita akan mudah menghafal kitab.

(baca juga: Gak Mau Sakit Saat Musim Hujan, Yuks Intip Tips Berikut)

Kedua, biasakan diri dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Arab. Apabila kalian memiliki waktu luang, gunakan waktu luang tersebut untuk mendengarkan lagu-lagu berbahasa Arab. Dengan mendengar lagu-lagu berbahasa Arab, kalian akan terbiasa mendengarkan kata dasar berbahasa Arab. Meski kalian tidak tahu artinya kalian bisa mencoba bertanya arti beberapa kata bahasa Arab yang kalian tidak ketahui kepada guru ataupun kakak kelas kalian yang lebih mengerti.

Ketiga, sering-sering membaca buku bahasa Arab. Dengan sering membaca buku berbahasa Arab lambat laun kalian akan memahami kata kata bahasa Arab yang sering kalian baca.

(baca juga: Mau Gak Ribet Saat Pulangan? Ini Dia Tips Pulangan ala Santri Nuris)

Keempat, ikutilah lomba kitab  membaca bahasa Arab. Dengan begitu,  kalian akan terbiasa memahami isi kitab kitab yang telah kalian pelajari.

Penulis adalah siswa MA Unggulan Nuris kelas X PK B. Penulis juga aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post