PAM MA Unggulan Nuris 2019: Mengajar Alquran dan Kitab Kuning, hingga Mapel Umum

Siswa MA Unggulan Nuris Berkhidmat dengan Multipotensi di Berbagai Pesantren

Pesantren Nuris – Program Abdi Masyarakat atau dikenal dengan sebutan PAM ditahun ke-7 ini benar-benar membanggakan. Pasalnya, ratusan santri Pesantren Nuris Jember yang terdiri dari siswa kelas XI MA Unggulan Nuris sebagai peserta PAM 2019 tersebut mampu melaksanakan khidmat di lokal pengabdian dengan multipotensi (06/03/2019).

Mereka tidak hanya diminta mengajar Alquran atau kitab kuning seperti kitab Safinatun Najah, Imrithi, Muhtashor Jiddan, Jurumiyah, dan Alfiyah, tetapi juga dipercaya mengajar mata pelajaran umum seperti matematika, bahasa Inggris, IPS, dan bahasa Indonesia. Bahkan, mereka juga bukan hanya mengajar level lembaga MI atau SMP yang notabene di bawah mereka, melainkan juga mengajar siswa setingkat mereka yakni, lembaga SMA, MA, dan SMK.

“Kita patut bersyukur, anak didik kita di MA Unggulan Nuris yang melaksanakan khidmat PAM 2019 kali ini sangat dipercaya oleh pengasuh pesantrennya mengajar banyak pelajaran. Itu sebuah kebanggaan yang luar biasa, meski hanya sebulan, tentu ini akan menjadi kesan yang mendalam atas kemanfaatan ilmu mereka.” Ujar Ustad Hosaini, Koordinator Kepesantrenan Putra dan Putri Pesantren Nuris Jember.

(baca juga: KH. Muhyiddin Abdusshomad: Ikhtiar 6 S Santri Nuris Sebelum Pemberangkatan PAM Angkatan ke-7)

“Biasanya mereka hanya diberi amanah mengajar Alquran, dan kitab saja, tetapi malah ngajar pelajaran umum. Ini saya ketahui saat tim pesantren melakukan pembesukan untuk monitoring perkembangan peserta PAM di berbagai lokasi pengabdian. Termasuk kepala MA Unggulan Nuris, Ning Balqis juga melakukan kunjungan untuk meningkatkan motivasi atas khidmat mereka.” Lanjutnya.

Mus’tasim Billah, siswa kelas XI PK A MA Unggulan Nuris yang bertugas sebagai ketua kelompok di Pesantren Bahrul Ulum, Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, merasa senang dengan kunjungan Ning Balqis Alhumairo dan Gus Abdurrahman Fathoni. “Alhamdulillah tadi pagi kami dapat kunjungan dari kepala madrasah, beliau berpesan dan memberi kami semangat untuk fokus melakukan khidmat di PAM 2019 ini.” kata Mu’tasim.

PAM merupakan agenda wajib yang dilakoni siswa kelas XI MA Unggulan Nuris untuk melakukan khidmat di berbagai pesantren di daerah Jember. Agenda pengabdian 2019 kali ini adalah angkatan ke-7 yang langsung dikoordinasikan oleh Tim Kepesantren di Pesantren Nuris Jember. Visi PAM tersebut yakni, melatih mental kepemimpinan, berkhidmat, dan menebar ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

(baca juga: Pelepasan PAM Angkatan ke-7 Berlangsung Khidmat, Siapk Jalankan Amanah Kyai)

Jangka waktu pelaksanaan PAM 2019 ini dilakukan selama sebulan yang diberangkatkan pada 24 Februari 2019 lalu dan berakhir pada 24 Maret 2019. Mereka melaksanakan pengabdian yang tersebar di 14 pondok pesantren yang terbagi dalam kelompok baik santri putra maupun putri. Jumlah peserta PAM 2019 kali ini yakni, 71 santri putra dan 70 santri putri.[AF.Red]

Related Post