Bikin Juri Takjub, Siswa MA Unggulan Nuris Ini Raih Juara 1 Speech Contest se-Jatim

Pesantren Nuris- Ekstrakurikuler bahasa MA Unggulan Nuris nampaknya makin menunjukkan kiprahnya. Pasalnya, ekstrakurikuler tersebut tak pernah sepi prestasi. Tidak hanya prestasi tingkat kabupaten dan ekskeresidenan saja yang berhasil dikantongi, prestasi tingkat provinsi pun juga berhasil dikantongi. Baru-baru ini, Anisa Citra salah satu anggota ekstrakurikuler bahasa yang juga siswa MA Unggulan Nuris berhasil sabet juara ajang speech contest se-Jatim.

Gadis cantik siswa kelas XI PK B MA Unggulan Nuris berhasil raih juara 1 ajang Speech Contest Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Universitas Abdurahman Saleh Situbondo (30/3/2019). Ajang speech contest ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.  Anisa harus bekerja keras untuk melewati setiap karena harus bersaing dengan puluhan peserta lainnya yang berasal dari SMA sederajat lainnya se-Jatim.

(baca juga: Kado Harlah NU yang ke-96, Siswa MA Unggulan Nuris Persembahkan Piala Debat Aswaja Provinsi)

Di babak penyisihan, dia harus membacakan naskah yang telah disusunnya berdasarkan tema yang sudah ditentukan oleh panitia. Menarik sekali tema ajang  speech contest ini yaitu “Industry 4.0 and Impact on Society”. Gadis cantik yang kerap disapa Citra itu, mampu membuat juri kagum hingga dia dinyatakan menjadi 5 peserta terbaik dan berhak berlanjut ke babak final.

Di babak final, dia harus berjuang lebih keras lagi. Sebab harus bersaing ketat dengan lima peserta lainnya. Dalam babak ini, Citra diminta untuk membuat teks baru dengan tema yang telah ditentukan panitia dan juga membacakannya. Penampilan Citra membuat juri terkesima, hingga akhirnya dinyatakan sebagai peraih juara 1. Banyak aspek yang menjadi penilaian di antaranya relevansi, argumentasi, koherensi ide, diksi, gaya penyampaian, intonasi, artikulasi, pelafalan, dan sebagainya.

Capaian prestasi Citra ini menambah koleksi piala MA Unggulan Nuris. “Alhamdulilah, prestasi kami semakin bertambah. Mulai dari prestasi di bidang sains, nonsains, dan bahasa sudah berhasil kami kantongi. Semoga siswa MA Unggulan Nuris semakin bersemangat untuk berprestasi,” kata Latifa, waka kurikulum MA Unggulan Nuris.

(baca juga: Kebanggaan MA Unggulan Nuris, Hilyatul Az Zahra Raih Juara MQK Fatkhul Qorib Se-Jawa Timur dan Bali)

Selama kurang lebih dua minggu Citra menyiapkan diri maupun mental untuk menghadapi kompetisi ini. Hampir setiap hari dia berlatih. Mulai dari intonasi, artikulasi, pelafalan, dan sebagainya dia benar-benar ia latih. “Akhirnya saya bisa kembali memberikan piala untuk almamater tercinta MA Unggulan Nuris. Ini bukan akhir dari segalanya. Saya harus rajin berlatih untuk menyiapkan kompetisi selanjutnya,” kata Citra. (red/Yuv)

Related Post