Keren, Siswa SMA Nuris Jember Juara Fotografi Nasional di Yogyakarta

Pesantren Nuris– Prestasi baru untuk SMA Nuris Jember. Tak hanya berprestasi bidang sains, siswa SMA Nuris Jember juga berprestasi di bidang fotografi. Pasalnya, siswa SMA Nuris Jember raih juara 3 lomba fotografi tingkat nasional. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Yogayakarta sebulan yang lalu dan diumumkan pada hari Sabtu, 05 April 2019.

Siswa tersebut adalah Zakina Mala, siswa kelas XD SMA Nuris Jember. Siswa yang merupakan anggota ekstrakurikuler Broadcasting Nuris ini berhasil meraih juara 3 lomba fotografi tingkat nasional. Foto yang dikirim bertema “Pesona Sekolahku”.  Kompetisi ini berlangsung selama kurang lebih sebulan. Peserta yang memiliki foto dengan jumlah like terbanyak  di instagram akan menjadi juara favorit.

(baca juga: Empathy, Gagasan Cerdas Siswa SMA Nuris Jember Tingkatkan Edukasi dan Perekonomian di Derah Pesisir)

Untuk mempersiapkan kompetisi fotografi ini, Mala membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Dia memiliki lima foto hasil jepretannya, namun berdasarkan hasil seleksi dari sekolah hanya satu foto yang dikirim. Lembaga Nuris mengirimkan lima foto hasil jepretan lima siswanya dalam kompetisi tersebut.  Dalam kompetisi fotografer ini diambil juara 1,2,3 dan juga juara favorit. Ratusan peserta bersaing  ketat dalam kompetisi tersebut. 

M. Riski peserta asal SMKN 2 Kebumen berhasil meraih juara 1, Slamet Aldi Wijaya asal SMK Raden Umar Said, Kudus berhasil meraih juara 2. Sedangkan peraih juara favorit adalah Dimas Aldi asal SMK Raden Umar Umar Said Kudus, Tita NK asal SMK N 1 Krangkeng, dan Zulfa Humaidah asal MAN 1 Gresik.

Benar-benar tidak disangka, siswa yang kerap disapa Mala ini juga seorang santri di Pesantren Nuris Jember. Banyak perjuangan yang harus dilaluinya sebelum dinyatakan sebagai pemenang. Dia harus susah payah untuk mengirim foto tersebut ke instagram panitia. Sebab, santri Nuris tidak diperbolehkan menggunakan handphone, seperti siswa pada umumnya. Namun, hal itu tidak mematahkan semangat Mala untuk berprestasi.

“Mengikuti lomba ini benar-benar membutuhkan tantangan. Sebab, sebagai seorang santri kami tidak boleh membawa handphone. Sedangkan lomba ini menuntut saya untuk menggunakan handphone. Jadi saya harus pinjam handphonenya Bu Guru. Alhamdulilah kerja keras saya tidak sia-sia dan tidak menyangka foto hasil jepretan saya bisa meraih juara 3 apalagi tingkat nasional,” ungkap Mala.

(baca juga: Kupas Media Sosial dan Globalisasi, Antarkan Siswa SMA Nuris Jember Juara Speech Contest se-Jatim di Surabaya)

Banyak hal yang menjadi penilaian dalam lomba ini, di antaranya moment, aktivitas dalam foto, penggambaran foto lingkungan sekolah dan juga caption di instagram. Kemenagan ini merupakan prestasi baru untuk siswa SMA Nuris Jember. “Bersyukur sekali dan tidak menyangka hasil foto siswa kami bisa bersaing di tingkat nasional. Kami akan terus meningkatkan kualitas pembinaan broadcasting di SMA Nuris Jember,” ungkap Achmad Faizal, koordinator esktrakurikuler Nonsains Yayasan Nurul Islam Jember. (red/Yuv)

Related Post