Antusiasme Siswa MA Unggulan Nuris di Seminar Ilmiah Bersama Syekh Muhammad Syauqi

Antusiasme Siswa MA Unggulan Nuris di Seminar Ilmiah Bersama Syekh Muhammad Syauqi

Pesantren Nuris – Ratusan siswa MA Unggulan Nuris tampak aktif dalam seminar ilmiah di aula tengah Pesantren Nuris Jember pada hari Sabtu, 13 April 2019. Dengan pembicara dari guru tugas asal Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, Syekh Muhammad Syauqi Ahmad Muawwad, mereka berdiskusi soal kewarganegaraan dan pemahamannya secara universal.

Guru tugas yang sudah 2 tahun bermukim di Pesantren Nuris Jember itu menuturkan bagaimana menjadi warga negara yang baik sesuai hukum negara dan menurut pandangan Islam. Termasuk pemahaman peraturan sesuai perundang-undangan dan hukum internasional soal kewarganegaraan.

Wildan Hidayat, siswa kelas X PK A MA Unggulan Nuris menyatakan, “Saya sempat sedikit berdiskusi dan bertanya kepada Syekh Syauqi. Apalagi pengalaman beliau soal Mesir membuat saya tertarik ingin mengikuti jejak kakak-kakak yang sudah diterima beasiswa di Mesir. Insya Allah saya juga bisa ke sana.”

(baca juga: Seminar Islam Nusantara, Latih Santri Berpikir Kritis Kaitakn Sains dan Budaya Lokal)

“Dengan seminar ilmiah ini juga, memberikan siswa-siswa di MA Unggulan Nuris tentang pemahaman kewarganegaraan secara universal. Sekaligus juga memotivasi kami untuk terus semangat belajar hingga keluar negeri.” Imbuhnya.

Ning Balqis Al Humairo, Kepala MA Unggulan Nuris, menyebutkan visi seminar ilmiah khusus MA Unggulan Nuris ini sebagai agenda rutin dalam meningkatkan semangat belajar siswa. “Selain memang sering mengisi di pesantren, Syekh Syauqi yang mengajar pelajaran Bahasa Arab di MA Unggulan Nuris juga sering mengisi acara seminar ilmiah ini. Harapannya agar anak didik kami terus memiliki semangat belajar yang tinggi.”[AF.Red]

Dokumentasi Syekh Syauqi saat seminar ilmiah
Related Post