Puisi “Bianglala untuk Ibu” Karya Siswa SMP Nuris Jember ini Tembus Juara Nasional 2019

Devita Maharani Yovanda, Pencinta Sastra, dan Suka Menulis Puisi

Pesantren Nuris – Bangga dan terharu dirasakan Devita Maharani Yovanda setelah puisi karyanya masuk juara tingkat nasional di STIEKN Malang. Setelah 3 pekan belalu menanti pengumuman, akhirnya pada hari Kamis, 25 April 2019, panitia Sayembara Puisi dan Esai tingkat nasional 2019 mengunggah nama-nama juara di akun instagram resminya yakni, Lietarsi.ab.

“Pas dikasi tahu bu Ruli jika puisi karya saya masuk juara nasional ya senang sekali. Tidak menyangka dan tentu sangat bersyukur atas nikmat Allah SWT ini. Memang saya menyukai puisi sejak dikenalkan sama bu Ruli mulai membaca hingga menciptakan juga.” Ungkap Devita Maharani Yovanda, siswa kelas VIII C SMP Nuris Jember tersebut.

Dia juga memberitahukan bahwa butuh waktu sekitar sepekan menulis karya puisi berjudul “Bianglala untuk Ibu” tersebut. Kebetulan tema lomba yang diberikan panitia itu bebas sehingga Devita, sapaan akrabnya, bisa berkreasi sesuai dengan pengalaman dan penguasaan diksi yang dipahaminya.

(baca juga: SMP Nuris Jember Borong 3 Piala Puisi di Ajang Muscan 2018)

“Semua berkat bimbingan dan motivasi bu Ruli yang setiap hari mendampingi saya dalam proses cipta puisi ini. Idenya soal ibu saya yang selalu menjadi teladan dan memberikan kasih sayang tak terhingga. Selalu mendukung bakat dan minat saya. Alhamdulillah, ini juga untuk ibuku semoga puisi ini sebagai doa untuk ibuku selain soal juara ini.” imbuhnya.

Pada hari Jumat, 05 April 2019 puisi “Bianglala untuk Ibu” dikirim via online. Setelah proses pembinaan yang intensif, puisi karya Devita Maharani Yovanda, terpilih secara internal untuk dikirim ke panitia sayembara di STIEKN Jayanegara, Malang. “Devita memang peserta ekskul Baca Puisi, sehingga dia memang sangat menekuni bakat itu. Tak heran dia bisa meulis karya puisi sebagus itu.” Kata Rulining Febriana Maharani, guru bahasa Indonesia SMP Nuris Jember.

(baca juga: SMP Nuris Jember Sukseskan UNBK 2019, Tertib dan Sarana yang Kondusif)

Puisi karya Devita Maharani Yovanda berhasil menjadi juara favorit 1 dan berhak mendapat tropi, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp200.000,00. Juara-juara lainnya yakni, Rizky Azzahra Amallia dari SMPN 5 Karanganyar sebagai juara 1; Khaidiorul Fahmi dari MTs Ma’arif Assa’diyah 1 sebagai juara 2; Layyinatun Nashiha dari MTs Nasy’atul Muta’allimin Gapura Sumenep sebagai juara 3; dan Kautsar Saleksa dari MTs Ma’arif Assa’diyah 1 sebagai juara favorit 2.

Gus Rahmatullah Rijal, Kepala SMP Nuris Jember turut mengapresiasi prestasi anak didiknya. “Kami tentu bersyukur akhirnya siswa kami tembus juara nasional melalui karya literasi. Saya berterima kasih kepada guru Pembina, dan tim penjamin mutu Yayasan Nurul Islam Jember yang terus menumbuhkan motivasi dan membuat anak-anak berprestasi.”[AF.Red]

Pengumuman Juara dari Panitia Sayembara Puisi dan Esai di STIEKN Jayanegara, Malang
Related Post