SMP dan MTs Unggulan Nuris Dominasi Juara Baca Puisi di Gubuk Pustaka Ndalung Jember

Devita Maharani Yovanda dan Dinan Farah Sairina, Dua Siswa Berbakat di Bidang Sastra

Pesantren Nuris – Kebanggaan datang melalui dua santri Pesantren Nuris Jember ini. Pasalnya, mereka mampu mendominasi dengan memborong 2 dari 3 juara baca puisi tingkat SMP/MTs sederajat Kabupaten Jember di Gubuk Pustaka Ndalung, Ajung, Jember (03/05/2019). Setelah membaca 2 teks puisi dengan ekspresif, Devita Maharani Yovanda dan Dinan Farah Sairina masing-masing meraih juara 3 dan 1.

Kurang lebih sekitar 30 peserta baca puisi bersaing merebut tropi bergengsi di peringatan hari jadi yang pertama Gubuk Pustaka Ndalung tersebut. Seluruh peserta wajib membaca puisi Ayo karya Soetardji Colzum Bahri, dan 1 teks puisi pilihan yang disediakan panitia. “Awalnya agak kesulitan sebab harus membaca 2 teks puisi secara berurutan langsung. Alhamdulillah berkat pembinaan di ekstrakurikuler baca puisi yang maksimal akhirnya dapat juara.” Ujar Dinan.

Siswa kelas VII F MTs Unggulan Nuris tersebut menambahkan, “Akhirnya saya bisa juara 1, dulu sempat ikut beberapa kali belum juara. Meski cuma tingkat kabupaten semoga ini menjadi awal motivasi saya membanggakan MTs Unggulan Nuris semakin berjaya di masa depan.”

(baca juga: Mantab, MTs Unggulan Nuris Borong Piala Muscan 2018)

Begitu pula dengan Devita Maharani Yovanda, siswi kelas VIII C SMP Nuris Jember tersebut yang memang langganan juara baca puisi. Bahkan, pada hari Kamis, 25 April 2019, di ajang sayembara cipta puisi tingkat nasional di STIEKN Jayanegara, Malang, puisi “Bianglala untuk Ibu” karya adik kandung Bayu Gatra ini raih juara favorit 1.

“Sungguh nikmat Allah sangat berlipat, alhamdulillah setelah juara nasional, kini menang juara 3 di ajang baca puisi. Semoga Allah senantiasa melindungi saya sehingga mampu terus berjuang mengharumkan almamater Pesantren Nuris Jember. Setelah tampil saya langsung berangkat ke Pare ikut program belajar bahasa Inggris bersama siswa SMP Nuris Jember lainnya.”

(baca juga: Puisi “Bianglala untuk Ibu” Karya Siswa SMP Nuris Jember Tembus Juara Nasional 2019)

“Senang sekali dikabari Pak Faizal, jika saya meraih juara 3 pas perjalanan saya ke Pare tersebut.” Imbuhnya. Selain dari MTs dan SMP Nuris Jember peraih juara ajang ini, ada Tsarwah Nabila Rosyadah Putri sebagai peraih juara 2 berasal dari SMP Darus Sholah. Mereka masing-masing mendapat tropi dan sertifikat juara.[AF.Red]

Devita Maharani Yovanda saat membacakan puisi di panggung Gubuk Pustaka Ndalung
Related Post