Mengenal Sosok Hanafi; Alumni Nuris Jabat Komisioner KPU Jember 2 Periode

Cakap dan Berpengalaman di Berbagai Organisasi, Sosok Leadership ini Supel dan Rendah Hati; 15 Tahun Mengabdi di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Selalu bangga dan menginspirasi jika mengetahui persebaran alumni Nuris memiliki kiprah di berbagai lini mulai dari akademisi, praktisi, hingga pebisnis andal. Kali ini, salah satu alumni Nuris yang akan diulas adalah sosok yang berperan penting dalam pesta demokrasi dengan tanggung jawab yang super berat. Berkat kepiawaian dan pengalamannya, dia dipercaya menjadi komisioner KPU Kabupaten Jember dalam 2 periode. Siapakah gerangan? Simak liputannya!

Mungkin generasi alumni Nuris lulusan tahun 2007 ke atas kurang familiar dengan nama Ahmad Hanafi. Padahal, Hanafi muda dapat terbilang cukup lama mengabdikan diri di Pesantren Nuris Jember. Seraya merantau ke Jember, dari nun jauh di Pulau Kangean, setamat sekolah SMPN Arjasa Sumenep, dia bersekolah di SMAN 2 Jember dan nyantri atau bermukim di Nuris. Terhitung sejak tahun 1992 hingga tahun 2007 atau sekitar 15 tahun Hanafi belajar ngaji ke KH. Muhyiddin Abdusshomad.

Setelah lulus sarjana ekonomi di kampus STIE Mandala, Jember, dia sempat mengabdikan ilmunya di Pesantren Nuris Jember. Kemudian Hanafi melalang buana di berbagai organisasi misalnya, aktivis PMII Cabang Jember, Pimred Pers Mahasiswa Relasi STIE Mandala, hingga wakil ketua Lajnah Ta’lif wan Nasyr PCNU Jember.

(baca juga: Alumni Nuris Ini Sukses Berkarier di Bank)

Masih banyak lagi organisasi yang digeluti oleh lelaki kelahiran Sumenep, 27 Mei 1977 tersebut seperti, Sekretaris Yayasan Sketsa sejak 2008 hingga saat ini, wakil ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Jember 2012 – 2017, wakil sekretaris Pemuda Pancasila Kabupaten Jember 2012 — 2017, dan juga pernah menjabat ketua umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Tapal Kuda 2013 – 2015.

Hingga kemarin, pada hari Selasa, 11 Juni 2019, Ketua KPU RI, Arif Budiman, mengumumkan melalui surat nomor 48/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2019 tentang penetapan komisioner KPU Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur periode 2019 – 2024. Tertera nama Ahmad Hanafi, SE. berada paling atas sesuai peringkat untuk komisioner KPU Kabupaten Jember. Dia bersama 9 nama lainnya yang akan mengisi komisioner KPU tersebut.

“Alhamdulillah ini kali kedua saya diberi amanah lagi setelah saya menjalankannya pada periode 2014 – 2019. Pada periode lalu di KPU saya menjabat Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM. Secara umum saya bertanggung jawab atas peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu dan penataan SDM di KPU, PPK, PPS, dan KPPS.” Ungkap lelaki beralamat di Perumahan Dharma Alam AB-23 Jember tersebut.

(baca juga: Satu lagi Alumni Nuris Go Internasional Rebut Beasiswa di Taiwan)

Tentu tak mudah menembus jabatan komisioner KPU Kabupaten Jember apalagi dalam 2 periode langsung, namun Hanafi mampu setelah melalui serangkaian proses pelik seperti syarat administrasi, tes tulis materi kepemiluan, psikotes, tes kesehatan dan kejiwaan, wawancara, serta fit and proper test.

Kini Ahmad Hanafi menjelma salah satu alumni Nuris yang menginspirasi bagi kalangan santri di Pesantren Nuris Jember dan kalangan umum lainnya. Melalui tempaan dan proses yang panjang hingga Hanafi mampu menembus jabatan strategis dan berperan penting terhadap motor kemajuan bangsa. Jika Hanafi bisa, tentu santri di pelosok Nusantara sangat mampu memperjuangkannya.[AF.Red]   

Nama              : Ahmad Hanafi

Lembaga         : Santri dan Abdi di Pesantren Nuris Jember (1992 – 2007)

Karier              : Komisioner KPU Kabupaten Jember, 2014 – 2019 dan 2019 – 2024

Dokmentasi Pelantikan Komisioner KPU Kabupaten Jember (Ahmad Hanafi, foto paling kanan)
Related Post