Puasa Syawal Sama Dengan Puasa Setahun

Penulis : Rintan

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dikerjakan di bulan Syawal. Puasai ini dapat dilaksanakan selama enam hari dan bisa dimulai tanggal 2 Syawal tepatnya sehari setelah melaksanakan sholat Idul Fitri. Pelaksanaan puasa Syawal boleh enam hari berturut-turur dan boleh juga tidak asalkan masih dalam bulan Syawal. Puasa Syawal dapat dikatakan sebagai penyempurna ibadah puasa Ramadhan yang telah ditunaikan.

(baca juga: 15 Kesunnahan Puasa yang Penting Dikethaui (BAGIAN 2)

Hukum melaksanakan puasa Syawal adalah sunnah muakkad, yakni sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan pada sabda Rasulullah yang artinya “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim). Oleh karena itu, Pahala yang didapatkan melalui puasa syawal selama enam hari ini adalah pahalanya setara dengan puasa setahun tahun secara terus menerus.

Orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. Puasa syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh.

(baca juga: 12 Kesunnahan Puasa yang Perlu Dikethaui (BAGIAN 1)

Selain memiliki keutamaan tersebut, puasa Syawal juga memiliki manfaat secara medis. Salah satunya adalah memperpanjang waktu penyehatan pencernaan. Selanjutnya, seseorang yang tidak berpuasa akan berada pada pila makan yang lama. Namun, bagi seseorang yang berpuasa, pola makannya kembali ke pola yang lebih sehat, sebab, waktu istirahat bagi pencernaan kembali lebih lama seperti puasa Ramadhan.

Mereka yang mengerjakan puasa Syawal juga akan terlatih lebih lama dalam mengelola emosi dan membersihkan jiwanya. Oleh karena itu, mari laksanakan puasa Syawal agar mendapat keutamaannya yaitu sama seperti puasa setahun. Sempurnakan puasa Ramadhan dengan puasa Syawal.

Penulis adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Nuris Jember

Related Post