Gali Bakat dan Minat melalui Ekstrakurikuler, Latih Kepemimpinan dan Peluang Prestasi

Seksi Penjamin Mutu Siswa Kenalkan Ratusan Ekstrakurikuler kepada Siswa Baru

Pesantren Nuris – Tim Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember memperkenalkan ratusan kegiatan ekstrakurikuler kepada sekitar seribu siswa baru yang terbagi dalam 2 lokasi yakni, di masjid Baitunnur, khusus siswa, dan GOR Nuris, khusus siswi (17/07/2019). Siswa baru yang tergabung dari lembaga SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris tersebut menyimak dengan antusias.

Menjadi salah satu rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Siswa (MPLS) tahun 2019 di Nuris, sosialisasi ekstrakurikuler ditujukan untuk menggaet siswa berbakat dan memiliki motivasi tinggi dalam keorganisasian dan prestasi. Pasalnya, selama 5 tahun terakhir prestasi lembaga di Yayasan Nurul Islam Jember tersebut berhasil meningkat melalui manajemen penjamin mutu siswa yang mengelola ekstrakurikuler tersebut.

“Kami dengan tim yang ada di penjamin mutu siswa berusaha mengenalkan macam-macam ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh siswa sesuai potensinya. Ada 3 bidang ekstrakurikuler yang dapat diikuti siswa seperti, ekskul sains atau akademik; ekskul nonsains atau kesenian, krida, dan agama; serta ekskul bahasa. Dari bidang-bidang itu terdapat rincian kegiatan lainnya lagi.” Tutur Mila Karmila, selaku Kasi Penjamin Mutu Siswa tersebut.

(baca juga: Update Capaian Prestasi Ekstrakurikuler Sains, Nonsains, Bahasa Agustus 2018–April 2019)

Bidang ekskul sains meliputi, olimpiade IPA/IPS, olimpiade matematika, fisika, kimia, biologi, astronomi, ekonomi, sejarah, dan ekonomi. Ada lagi ekskul karya ilmiah remaja, robotika, inovasi teknologi, dan kejuruan seperti teknik sepeda motor, kendaraan ringan, dan komputer jaringan.

Bidang ekskul nonsains terdapat kategori keagamaan seperti baca kitab Imrithi, Jurumiyah, Fatkhul Qorib, tahfiz, fahmil, dan tafsir tahfiz bahasa Inggris. Kategori seni meliputi, tilawah, tartil, kaligrafi, syarhil, dan seni pertunjukan. Selain itu, ada kategori krida seperti, broadcasting, jurnalistik website, pramuka penggalang dan penegak, PMR Wira Nuris, dan Paskibra.

Bidang ekskul bahasa terdiri dari olimpiade bahasa Inggris, bahasa Arab, dan Indonesia. Ada pula khusus TOEFL, public speaking, khitobah, dan debat baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. “Siswa hanya boleh memilih maksimal 2 ekskul yang diminati, dan semua ada tes seleksinya. Paling tidak punya potensi dasar untuk diasah kecuali ekskul sains yang khusus memiliki nilai akademik bagus.” Imbuh Mila.

(baca juga: Tak Henti Berprestasi, Siswa SMK Nuris Jember Ini Juara 1 Story Telling se-Jatim)

“Kami senang sekali siswa baru sangat antusias, mereka aktif bertanya dan kabarnya ada beberapa siswa yang berbakat bagus dan memang pengalaman lomba. Semoga jumlah 272 piala tahun pelajaran 2018/2019 bisa ditingkatkan sampai 300 piala untuk tahun pelajaran 2019/2020.[AF.Red]

Sosialisasi Ekskul khusus putra di masjid Baitunnur Nuris dalam rangkaian MPLS 2019
sosialisasi ekskul di GOR khusus siswi oleh tim penjamin mutu siswa
Related Post