Untuk Gali Potensi Diri, SMP Dan MTs Unggulan Nuris Gelar Tes Psikologi Bagi Siswa Baru

SMP dan MTs Unggulan Nuris Juga Adakan Tes Psikologi Untuk Siswa Baru

Pesantren Nuris- Tes psikologi kembali digelar, kali ini peserta datang dari siswa baru SMP dan MTs Unggulan Nuris. Sama halnya dengan lembaga SMA dan MA Unggulan Nuris, tim penguji berasal dari tim psikologi Creativa Psikological Jember. [21/07/19]

Sebelum melaksakan tes tim penguji terlebih dulu menjelaskan dengan detail cara menjawab soal, dan memberikan bimbingan kepada para peserta. Seluruh siswa diminta untuk mempersiapkan peralatan seperti alas untuk menulis, pensil, peraut dan penghapus. Mereka terlihat sangat antusias dan tertib dalam mengikuti tes. Tes dimulai pukul 08.00 WIB  dan berakhir pukul 12.00 WIB.

(baca juga: SMA dan MA Unggulan Nuris Adakan Tes Psikologi Bagi Santri Baru)

Tes ini dikuti oleh 250 siswa baru SMP Nuris Jember yang terbagi menjadi 7 ruang, dan 316 siswa baru MTs Unggulan Nuris yang terbagi menjadi 10 ruang.

Tes yang diberikan meliputi, tes potensi akademik, IQ, tes minat dan bakat, serta tes grafis untuk mengetahui kepribadian diri.

“Berbeda dengan lembaga SMA dan MA Unggulan Nuris yang telah melaksakan tes sebelumnya, tes ini bertujuan untuk pemetaan kelas (unggulan/reguler), untuk mengetahui gaya belajar siswa, supaya guru juga lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran,” ujar Imarina Suzan Carella selaku guru bimbingan konseling MTs Unggulan Nuris.

Ma’mun Murod, selaku waka kesiswaan SMP Nuris Jember menambahkan, “Selain sebagai alat pemetaan kelas, tes ini juga bertujuan untuk mengetahui bakat dan minat siswa, yang nantinya akan membantu siswa menentukan ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi yang mereka miliki,”

(baca juga: Gali Bakat dan Minat Melalui Ektrakurikuler Latih Kepemimpinan dan Peluang Prestasi)

Tes yang dilakukan setiap tahun bagi siswa baru ini, sangat penting pengaruhnya bagi kepribadian siswa kedepannya, “Kami berharap setelah dilakukan tes ini, para siswa baru akan lebih percaya diri, dan dapat mengupgrade potensi yang ada di diri mereka,” tambah Imarina Suzan Carella.

Semoga tes ini benar-benar dapat membantu siswa seperti harapan para guru dan orang tua. [Red/Dev]

Related Post