Agar Hati Kembali Happy, Yuk Simak Tips Penghilang Stres Berikut!

Penulis: M. Irfan Maulana*

Assalamualaikum para penyalur hati untuk negeri. Salam hangat dari kami, para penyandang gelar santri untuk para sahabat yang lagi happy. Apa kabar hari ini? Masih semangatkah untuk membaca kabar-kabar terhangat?

Mungkin sahabat-sahabat sekarang lagi stress berat. Pastilah setiap orang memiliki masalah yang membuat pikiran mereka stress. Ada sebagian orang  yang  tak kuat untuk menahannya, tapi tak sedikit pula orang-orang yang mampu menahannya.

Orang-orang yang mampu menahan stressnya pasti mempunyai solusinya. Mari simak penjelasan kami tentang sebagian cara menghilangkan stress ala santri yang kami seleksi ini.

(Baca juga:Fashion Ala Santriwati Modis Tapi Tetap Islami)

Pertama, membaca ayat suci Al-Quran. Mungkin kita sering lupa untuk membaca Al Quran dalam kedaan bahagia. Jadi mungkin Allah Swt sedang menguji kita agar kita tetap selalu mengingat-Nya. Cara ini mungkin terlihat tak begitu menarik, tapi jika para sobat mencoba insyaalloh akan lebih tenang dan lebih santai cara kita berpikir. Juga jangan lupa jika kita mengingat Allah Swt ketika senang, maka Allah Swt juga akan mengingat kita saat kita sedih.

Kedua, perbanyak ibadah. Banyak-banyaklah beribadah pada Allah Swt, seperti sholat, berdzikir kepada-Nya dan masih banyak ibadah lain yang bisa membuat otak kita tenang. Kita juga harus beribadah dengan hati yang khusuk dan lapang dada agar Allah Swt mau membantu masalah-masalah kita.

(Baca juga: Ingin Mudah Belajar Kitab Yuk Intip Tips Berikut)

Ketiga, berbagi cerita atau juga menulis masalah-masalah kita. Bagilah masalah pada orang-orang terdekat kita, karena hal tersebut memang bisa meringankan beban-beban masalah kita. Tapi jangan sampai kita salah bercerita pada orang. Jika salah orang, bukan menyelesaikan masalah akan tetapi malah akan menambah masalah. Dengan menulispun juga sama jangan sampai kita salah menulis di sembarang buku, tulislah di buku pribadi atau diary milikmu.

Keempat, minta solusi pada orang tua atau gurumu. Dalam point ini kita memang diharuskan meminta arahan mereka agar apa yang kita akan jalani berjalan dengan lancar. Merekalah yang mengetahui tentang keadaan kita, sebab mereka berdua yang membimbing kita dalam waktu yang lama.

Kelima, teriaklah sekencang mungkin. Perlu diperhatikan tentang yang satu ini, karena yang di maksudkan adalah berteriak di lahan yang luas dan sepi dari orang-orang. Mungkin cara yang satu ini agak aneh, tapi perlu diketahui hal ini dapat melegakan hati.

(Baca juga: Gak Mau Sakit Saat Musim Hujan Yuks Intip Tips Berikut)

Keenam, tertawa. Kali ini kalian harus benar-benar  bisa menempatkan posisi. Sebab, jika kalian tiba-tiba tertawa tanpa sebab kalian akan dikirain orang yang sedang terkena penyakit jiwa. Maksudnya adalah sering-seringlah bercanda dengan teman-temanmu jangan terlalu fokus pada masalah-masalah, tapi juga harus punya waktu untuk menghibur diri dan bersenang-senang.

Ketujuh, angkatlah ujung bibirmu. Yang dimaksud di sini adalah tersenyum. Dengan artian coba kita lakukan atau kita hadapi masalah-masalah yang kita punya dengan senyuman. Walaupun terasa berat tapi denagn senyuman kita bisa buka salah satu pintu kebahagiaan.

Jika langit memiliki tujuh lapisan, bumi juga memiliki tujuh lapisan maka inilah tujuh lapisan yang tersembunyi untuk meringankan stress berlebihan. Selamat mencoba sobat, semoga masalah-masalah kalian bisa teratasi dengan mudah dan menemukan solusi yang tepat, sampai jumpa kembali.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif  di ekstrakurikuler jurnalistik.

Related Post