Kuliah Teknik Fisika di ITS Surabaya, Alumni Nuris Ini Aktivis di Berbagai Organisasi

Suka Berkegiatan, mulai UKM Robotika, Staff BEM, dan Perfilman, hingga Reporter di TF Media

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu ini dapat disebut sebagai lulusan Pesantren Nuris Jember tulen sebab enam tahun nyantri sejak sekolah di MTs Unggulan Nuris, lalu berlanjut ke SMA Nuris Jember. Usai lulus tahun 2017 di jurusan IPA SMA Nuris Jember, dengan membanggakan ia lolos jalur SBMPTN di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya di jurusan Teknik Fisika. Siapakah gerangan, yuk mari baca liputannya!!!

Gadis cantik dan cerdas ini bernama Sinta Devi Listianah. Berada di Fakultas Teknik Industri (FTI) ITS Surabaya merupakan impian yang terwujud. Kegemarannya mempelajari ilmu eksak atau sains membuatnya bergelut dengan peminatan ekskul sains atau MSains sejak di MTs Unggulan Nuris hingga SMA Nuris Jember.

Sementara itu berbagai prestasi telah Sinta, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, torehkan. Termasuk peringkat kelas tentu ia menjadi langganan berada di tiga besar. Tak heran, saat persiapan seleksi masuk ke ITS pun, dia sangat mantap dengan bekal yang dimiliki saat berada di ekskul Msains, akhirnya gadis kelahiran Jember, 01 Mei 1999 lolos di jurusan Teknik Fisika.

(baca juga: Terinspirasi BJ Habibie, Ayu Mia Rosita Geluti Fisika di ITS Surabaya)

Kesempatan berada di salah satu kampus negeri favorit itu tidak disia-siakan oleh Sinta. Selain kesibukan kuliah, pemudi asal Wuluhan, Jember ini turut aktif berkegiatan. “Maklum lama di pesantren, ketika berada di Surabaya saya kalap ikut banyak kegiatan kepanitiaan suatu even atau unit kegiatan mahasiswa.” Ungkap Sinta.

“Kan bisa meningkatkan softskill juga tuh. Saya pernah ikut UKM Robotika dan tergabung dalam tim Robotika Ichiro. Saya berada di bagian sponsor official. Kemudan juga aktif di staf Kominfo bagian pewacanaan di BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ITS. Terus juga diamanahi sebagai sekretaris di UKM Click (khusus perfilman) dan sampai sekarang juga jadi reporter di majalah jurusan Teknik Fisika (TF) Media.” Imbuhnya.

(baca juga: Hobi Riset dan Korespondensi, Alumni Nuris Kuliah Sarjana Kesmas di UNDIP Semarang)

Meski dengan seabrek kesibukan kegiatan organisasi tersebut, gadis yang bercita-cita menjadi engineer, reporter, dan penulis kreatif tersebut, tetap mampu meraih nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang sangat memuaskan yakni, 3,00. Kuliah dikampus negeri tempat mantan menteri pendidikan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), M. Nuh, mengajar, apalagi di jurusan Teknik Fisika bukanlah hal yang mudah. Justru bagi Sinta ini menjadi tantangan tersendiri.

“Yang penting punya skala prioritas dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena kesuksesan itu butuh persiapan. Semua orang punya waktu, tinggal tunggu momentumnya saja. Mohon doanya semoga kuliah saya diberi kelancaran dan bisa lulus dengan potensi dan waktu yang tepat.” Tutup Sinta saat diwawancarai reporter pesantrennuri.net via whatsapp.[AF.Red]

Nama : Sinta Devia Listianah

Lembaga : SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, Lulusan tahun 2017

Kuliah : Jurusan Teknik Fisika, ITS Surabaya

Related Post