Persiapkan NSEP 2020, Pihak NIO (Nuris International Program) Adakan Pelatihan

NSEP 2020 Siapkan Santri Nuris Pilihan

Pesantren Nuris-NIO atau Nuris International Program merupakan lembaga yang ada di naungan Pesantren Nuris. Sebuah lembaga yang dipimpin oleh alumni MA Unggulan Nuris yaitu Ilzam Munnabil.

NSEP atau Nuris Student Exchange Program kembali diadakan oleh lembaga ini. Pertukaran pelajar antar negara ini telah beberapa kali diadakan dan sekarang merupakan program yang kelimanya.

NSEP kali ini akan berangkat pada bulan Januari mendatang yaitu pada tahun 2020. Sebelum para pelajar berangkat pastilah dari mereka memerlukan persiapan yang matang guna menguasai tempat yang akan mereka tuju nanti.

(Baca juga: HUT PMI Ke 74 PMR Wira Pesantren Nuris Adakan Aksi Nuris Bersih)

Kali ini yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 39 yang terdiri dari 11 peserta laki-laki dan 28 peserta perempuan. Persiapan ini berlangsung selama empat bulan pada bulan September sampai bulan Desember. Persiapan keberangkatan peserta ini telah disusun sebagaimana rupanya agar hasilnya memuaskan seperti apa yang apa yang diinginkan.

Persiapan ini ada beberapa materi yaitu Bahasa Arab, Bahasa Thailand, Bahasa Inggris dan Alquran. Jadwal ini dilaksanakan pada saat setelah sholat Maghrib sampai menjelang sholat Isya’. Tempat pelaksanaannya berada di Gedung MI Unggulan Nuris.

Materi atau pelajaran Bahasa Arab yang membimbing adalah ustd.Ifa Afida, Bahasa Inggris oleh ustd. Naily, Bahasa Thailand oleh santri dari Thailand. Sedangkan Ilzam Munabil menjadi pengawas dari persiapan keberangkatan kegiatan ini. Sedangkan pembelajaran Alquran di bimbing oleh ustad di masing-masing asramanya.

(Baca juga: Peserta NSEP 2019 Mantapkan 1 Tujuan Hingga Jauh Ke Thailand Malaysia dan Singapura)

Terdapat jadwal yang waktunya tidak ikut pada jadwal tersebut yaitu Micrho Teaching. Materi ini di bawakan oleh Arifiatun selaku pengurus BPF (Badan Pendidikan Formal) di yayasan Nuris Jember. Materi ini disampaikan pada setiap hari Rabu pagi.

“Saya mengikuti kegiatan ini ingin mengetahui perbedaan budaya antara Budaya Indonesia dengan budaya di luar sana juga saya ingin memiliki pengalaman mengajar,” begitulah harapan salah satu peserta NSEP, Jhonatan Mega Andriawan lembaga SMA Nuris Jember kelas XI IPS. (Lana/red)

Related Post