Juara 3 KTI Nasional, Ayu Mia dkk Banggakan ITS, Santri Gagas Kawasan Agropolitan

Sempat tak Percaya, Akhirnya mampu raih Juara Nasional melalui Karya Ilmiah

Pesantren Nuris – Usai juara nasional mewakili kampus kebanggaan, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, alumni Nuris ini sontak juga membanggakan almamater Pesantren Nuris Jember. Sebagai alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2018, dia memang tercatat menjadi pelajar yang cerdas dan memiliki semangat tinggi dalam berprestasi. Bagaimana kisah kesuksesan gadis ini, mari baca hasil liputannya!

Ayu Mia Rosita, bersama rekan dalam timnya dari ITS Surabaya yakni, Dwika Zein, mampu meraih juara 3 lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ) pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019 bulan lalu.

Melalui ide “Implementasi ATOS (Automation Livestock System) sebagai Katalisator Industrialisasi Agrikultur pada Kabupaten Bondowoso sebagai Kawasan Agropolitan”, menghantarkan Ayu Mia Rosita dkk. mendapat apresiasi dari dewan juri sehingga mampu bersaing dengan berbagai mahasiswa asal kampus bergengsi seperti PKN STAN, dan Universitas Negeri Malang.

(baca juga: Merangkak dari Nol, Alumni Nuris Sukses Rintis Usaha Kuliner)

“Ide ini muncul dari ketua tim saya sih, soal data RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) di Kabupaten Bondowoso tercatat sebagai kawasan tertinggal dalam rentang tahun 2011—2013. Sehingga ini perlu perencanaan pengembangan kawasan strategis dari sudut kepentingan ekonomi, Bondowoso sebagai kawasan agropolitan terdapat sektor pertanian dan peternakan yang perlu dikembangkan. Dari sini karya ilmiah kami dapat tersusun dan diikutkan lomba.” Ungkap gadis cerdas asal Sidomukti, Mayang, Jember tersebut.

Sempat tak percaya jika bisa masuk juara 3 besar sebab mereka mengerjakan full paper karya ilmiahnya mepet dengan deadline. Mereka menyelesaikan perangkat presentasi dalam perjalanan dari Surabaya ke Jember di kereta, dan membuat prototipe H-1 sebelum presentasi. “Alhamdulillah kami bisa juara 3 mungkin karena kita punya kelebihan dari perangkat prototipe yang kita ajukan, kan jadi lebih praktis idenya.” Imbuhnya.

Dengan capaian ini, gadis yang termotivasi BJ. Habibie tersebut, mendapat tropi, piagam juara, dan uang pembinaan berupa tabungan nasional sebesar Rp750.000,000. Sementara peraih juara 1 lomba ini adalah mahasiswa dari PKN STAN, mahasiswa asal Universitas Negeri Malang sebagai peraih juara 3. “Senang sekali, karunia Allah sangat besar sehingga kami bisa juara 3 LKTI ini.” tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Ayu Mia Rosita

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulus tahun 2018

Kuliah                    : Jurusan Fisika, ITS Surabaya

Ayu Mia Rosita (paling kiri) berfoto bersama para juara lainnya
Related Post