Tips Jitu Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

Penulis: Yosni Ayu F*

Assalamualaikum sahabat santri,  kali ini kami punya tips jitu untuk menjaga kesehatan dimusim pancaroba. Di musim pencarian sering kali banyak timbul berbagai penyakit, seperti tipus, diare, dan flu, jika tidak pandai-pandai menjaga kesehatan. Nah ikuti tips menjaga kesehatan di bawah ini:

Mengkonsumsi makanan bergizi
Di musim pencaroba asupan makan bergizi sangat dibhutuh oleh tubuh, untuk menjaga kekebalan tubuh dan menjaga energi agar tetap vit, sehingga penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi makan bergizi seperti makanan sayur, buah-buahan, dan minum madu yang mengandung multivitamin.

(Baca juga: Kamu sering lupa? Yuk Intip Tips Antisipasi Lupa Berikut)

Jangan sampai kekurangan asupan cairan tubuh
Setelah menjaga nutrisi, jangan lupa menjaga asupan cairan didalam tubuh. Dalam sehari delapan gelas agar cairan dalam tubuh tetap sehat, dan tidak terjadi dehidrasi. Dan kurang minum yang berbahan soda dan banyak mengandung alkohol.

Istirahat yang cukup dan hindari begadang
Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan terasa lebih vit, dan tidak mudah terjangkit penyakit berat maupun ringan. Dan hindarilah begadang karena dapat mengganggu kesehatan seperti fungsi ginjal.

(Baca juga: Ingin Mudah Belajar Kitab? Yuk Intip Tips Berikut!)

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
Membersihkan lingkungan sekitar dengan cara membersihkan area selokan, menyapu halaman, dan menguras bak mandi seminggu 1 kali.

Sekian tips dari kami sahabat santri, semoga tips ini dapat membantu menjaga kesehatan sahabat santri. Ikuti tips-tips jitu selanjutnya dari kami.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler  jurnalistik

Related Post