OSIS Putri Juga Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Untuk Pengurus OSIS Periode 2019-2020

Latihan Dasar Kepemimpinan Sebagai Bekal Menjadi Pemimpin Sejati

Pesantren Nuris- Bukan hanya pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) putra yang mengadakan pelatihan dasar kepemimpinan, akan tetapi dari pengurus putri juga mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada berbagai macam iinformasi yang ada di dalam sebuah organisasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 10 Oktober 2019 dan berlangsung pada pukul 08.20-15.00 WIB dan bertempat di gedung SMK Nuris Jember.

Kegiatan ini dimulai dengan membaca Surah Alfatihah, yang dibawakan oleh pembawa acara tersebut yaitu, Anisyiah Kamaliyah XII IPA 1 dan Luluk Maknuah XII IPS 2 SMA Nuris Jember.

(Baca juga: Diklat OSIS Nuris Jember Latih Siswa Terampil Berorganisasi)

Selanjutya adalah materi pertama yang dibawakan oleh salah satu pengurus PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama), Ahmad Fathul A. Kali materi yang disampaikan tentang dasar-dasar perilaku yang harus dilakukan oleh pengurus baru di sebuah organisasi.

Selanjutnya para panitia menyajikan beberapa kuis yang ditujukan kepada peserta sebagai bentuk hiburan agar tidak merasakan pusing yang berlebihan. Kuis ini memiliki dorprise dari panitia yang diberikan kepada para pengurus baru yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Selanjutnya adalah materi ke-NU-an yang dibawakan oleh salah satu pengurus PCNU Jember, A Fathul A. Rekan Fathul menyampaikan materi tentang dunia ke-NU-an secara jelas dan rinci. Para peserta juga mendengarkan penjelasannya dengan seksama.

Setelah itu,para peserta kegiatan ini dipersilakan untuk beristirahat, sholat dan juga makan siang. Selanjutnya peserta kembali ke ruangan semula guna melanjutkan materi selanjutnya.

(Baca juga: Pilkatos OSIS SMA Nuris Jember Periode 2019-2020 Ajarkan Memimpin Dari Hati)

Materi kali ini dibawakan oleh Fachrudin Efendi yang menjadi salah satu pengurus di PCNU Jember. Materi yang dibawakan oleh Fachrudin berupa pernyataan-pernyataan tentang posisi laki-laki dan perempuan di zaman sekarang.

Untuk merifresh kembali daya fikir peserta para panitia kembali menyajikan game berupa kuis. Kuis yang ini sama dengan kuis sebelumnya, bedanya kuis kali ini lebih seru sebab pertanyaannya meliputi bangunan-bangunan yang ada di Pesantren Nuris.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelajar yang baru mengikuti sebuah organisasi, yang berguna untuk mengarahkan siswa pada saat menjalankan sebuah organisasi agar terlaksana dengan baik. Saya sangat setuju jika kegiatan ini diadakan kembali dan ditujukan untuk para pengurus baru.” Ujar salah satu peserta LDKS, Mahfiza Afkarina S siswa kelas XI PK B MA Unggulan Nuris Jember. [Red.Lana]

Related Post