Tips Dan Trik Sukses Hadapi Ulangan Dadakan

Penulis: Deli Anisa Virca*

Assalamualaikum sahabat santri. Jumpa kembali bersama kami dengan beraneka tips  unik yang tentunya menarik untuk dicoba. Tips menarik yang kami bawakan kali ini yaitu, cara belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) yang juga biasa disebut KLBK (Kerja Lembur Bagai Kuda) ala santri Nuris.

Pasti sebagian besar dari sahabat pernah kan merasakan resah karena info ulangan harian yang mendadak. Itu sudah pasti membuat agenda malam kita bertambah dengan membayangkan mengulang satu bab atau lebih yang akan menjadi bahan ulangan besok. Terlebih untuk sahabat yang berada di pesantren, kepadatan agenda kegiatan membuat kita bingung meluangkan banyak waktu untuk belajar materi tambahan bukan?

Nah, kini sahabat tidak perlu resah. Tips di bawah ini mungkin dapat membantu menghilangkan cemas sahabat. Simak dengan baik ya.

(Baca juga: Tips Merawat Kulit Wajah Tetap Canatik)

Pertama, usahakan setelah pulang sekolah jangan langsung tidur ya sahabat. Mulai tandai poin – poin yang menurut sahabat penting dalam bab yang akan diujikan. Setelah rampung, bolehlah sahabat istirahat sekitar 10 hingga 15 menit saja karena, tidur siang terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan. Tidur siang ini dapat mengisi energi sahabat agar tidak mudah lelah. Sahabat juga dapat membatasi aktivitas yang terlalu berat agar tidak cepat lelah pada malam hari.

Kedua, sebelum memulai belajar dan tenggelam dalam lautan kata. Sahabat dianjurkan menyiapkan minum atau camilan sebagai teman, karena dipastikan teman sahabat juga tidak dapat menemani begadang. Tapi jangan terlalu banyak juga ya, terlalu kenyang dapat membuat kita mudah mengantuk.

Ketiga, Bangun mood baik sahabat dengan berpresepsi “saya harus terjaga demi masa depan cerah.” Sebisa mungkin sahabat memotivasi diri agar semangat dalam belajar.Setelah itu jangan lupa siapkan segala buku yang berhubungan dengan materi ulangan besok.

Keempat, sahabat bisa membuat catatan kecil yang berisi poin – poin yang sudah sahabat garis bawahi tadi siang juga bisa dari referensi lain dengan bahasa santai yang mudah dipahami. Jika berisi rumus, sahabat bisa membuat kumpulan rumus. Jika berisi materi, sahabat bisa ambil kata kuncinya dan sahabat bisa membuat jembatan keledai. Contohnya : Pak MAT (Profase, Metafase Anafase, Telofase).

(Baca juga: Tips Jitu Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba)

Kelima, buat suasana belajar senyaman mungkin dan sebisa mungkin hindari gangguan agar fokus sahabat hanya pada belajar. Dan ini dapat membantu mempercepat proses belajar.

Keenam, selagi masih fresh, sahabat dianjurkan untuk mempelajari materi yang dirasa sulit terlebih dahulu. Jika sahabat sudah merasa otak mulai lelah untuk berfikir, mata terasa panas, dan tubuh mulai lelah. Akhiri proses belajar sahabat, karena jika dilanjutkan akan membuat sahabat emakin kacau dan terlalu lelah untuk bangun di pagi hari.

Ketujuh, sebelum memulai ulangan jangan lupa baca kembali materi yang telah dipelajari semalam. Baca saja secara skiming (memindai) agar saat ulangan berlangsung sahabat tidak blank.

Nah, demikianlah tips SKS (Sistem Kebut Semalam) ala santri Nuris. Jangan terapkan SKS (Sistem Kebut Semalam) ini setiap hari ya sahabat, krena, sebisa mungkin kita belajar tiap waktu dengan jam yang berkualitas. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr Wb.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik.

Related Post