Yuk Intip Profil Alumni Nuris Berkarier di Kanwil Direktorat Bea dan Cukai Jawa Timur I

Termotivasi Ringankan Beban Orangtua dan Nasihat Guru untuk Semangat Masuk Kampus PKN STAN

Pesantren Nuris – Alumni Nuris selalu punya kisah inspiratif untuk disampaikan baik dari proses perjuangan meraih impian, maupun kisah sukses mereka setelah meraih apa yang mereka cita-citakan. Seperti liputan tentang sosok supel dan cerdas ini, berkat ketekunan dan kemauan kuat untuk menjadi abdi negara, dia lolos masuk kampus kedinasan PKN STAN, lalu lulus dan berkarier sebagai CPNS. Siapakah gerangan, mari baca liputannya!

Dikenal sebagai pelajar yang cerdas, Moch. Alif Maulana, sejak di MTs Unggulan Nuris, pemuda ini sudah cukup banyak menyumbangkan piala prestasi di bidang mata pelajaran matematika. Setelah lulus dari MTs Unggulan Nuris, dia terus melanjutkan pendidikan di MA Unggulan Nuris hingga lulus tahun 2017. Di MA Unggulan Nuris inilah dia mulai menyusun rencana masa depan dalam berkarier.

“Motivasi saya adalah kuliah dengan tidak membebani kedua orangtua saya karena sudah cukup mereka membiayai saya sejak kecil hingga di MA. Akhirnya saya termotivasi kuliah di kampus kedinasan yakni, PKN STAN. Cuma sempat mikir juga, katanya jika nilainya kecil langsung di drop out.” Ungkap lelaki kelahiran Situbondo, 16 Mei 1999.

(baca juga: Alumni Nuris ini jadi Montir Andalan Asco Daihatsu Jember)

“Seiring berjalannya waktu, kemudian saya berkonsultasi kepada salah seorang guru yakni, bapak Achmad Faizal. Beliau Waka Kesiswaan MA, dan yang meyakinkan saya untuk mantap kuliah di STAN tanpa takut soal drop out. Akhirnya saya cari buku latihan soal di Gramedia dan ikut intensif pembinaan persiapan seleksinya.” Imbuhnya.

Kuliah di salah satu kampus kedinasan favorit seperti Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan impian banyak pelajar. Sebab mereka yang lolos seleksi akan kuliah secara gratis, lalu langsung bisa berkarier sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) selama kontrak kerja setahun hingga disahkan menjadi aparatur sipil negara (ASN) di kantor pemerintah di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

(baca juga: Jadi Mahasiswa Luar Biasa di Tiongkok, Alumni Nuris Sabet 2 Penghargaan Sekaligus)

Seperti pemuda asal Asembagus, Situbondo ini, setelah menuntaskan kuliah diploma 1 Kepabeanan dan Cukai di PKN STAN tersebut dan diwisuda pada bulan Oktober 2018 silam, kini dia berkarier di Kanwil Direktorat Bea dan Cukai Jawa Timur 1 Sidoarjo. Dia tak puas begitu saja, lelaki yang hobi olahraga badminton tersebut masih ingin melanjutkan pendidikan tingginya hingga sarjana seraya berkarier tersebut.

“Saya bangga, santri bisa punya karier di lembaga pemerintahan secara praktis. Itu artinya mereka bisa di mana pun. Paradigm santri kekinian bukan cuma soal agama, melainkan bisa berkarier semau dia. Di Pesantren Nuris Jember sudah memulai itu. Semoga terus istiqomah dan jaya selalu santri Nuris.” Ungkap peraih IPK cumlaude yakni, 3,65 tersebut.[AF.Red]  

Related Post