Sebanyak 18 Ribu Santri Jember, Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2019

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2019, Digelar di Lapangan Sukarejo Sumbersari Jember

Pesantren Nuris- Tanggal 22 Oktober 2019 diperingati hari santri nasional. Sebanyak 18 ribu santri dari berbagai pondok pesantren di Jember berkumpul memadati lapangan Sukorejo Sumbersari Jember mulai pukul 06.00 WIB, guna mengikuti upacara peringatan hari santri nasional 2019. Barisan santri putra dan putri kompak menggunakan baju putih dan bawahan gelap.

Tak ketinggalan pula Pesantren Nuris Jember yang mengirimkan 10 bus yang terbagi dalam empat kloter pemberangkatan. Dua kloter untuk santri putra dan dua kloter untuk santri putri. Selain menjadi peserta, santri pesantren Nuris Jember juga berperan aktif sebagai petugas upacara, seperti pembaca UUD 45 yakni Alfi Salsabila, pembawa acara Nuris Sabila, petugas paduan suara, juga tim kesehatan dari PMR WIRA Nuris Jember. Selain para santri Gus Robith Qoshidi, Lc juga berperan sebagai pembaca ikrar santri dalam upacara ini.

(Baca juga: Upacara Peringatan HUT RI Ke 74 Santri Nuris Bersatu Untuk Indonesiaku)

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB, sebelum upacara para santri diajak untuk istigosah yang dipimpn oleh Syaikhul Ma’had KH Muhyiddin Abdussomad. Setelah istigosah barulah upacara peringatan hari santri dimulai. Inspektur upacara peringatan hari santri yakni Dr. Abdullah Samsul Arifin selaku ketua PCNU Jember, sedang yang bertugas sebagai pemimpin upacara merupakan M. Mahfud S.Pd selaku Ketua GP Ansor Jember.

Pembacaan UUD 1945 dibacakan oleh Alfi Salsabila, dan ikrar santri dibacakan oleh Gus Robith Qoshidi, Lc selaku pengasuh Pesantren Nuris Jember.

Paduan suara Nuris menyanyikan tiga lagu dalam upacara ini yakni lagu Yahlal Wathon, Mars Hari Santri 2019, dan Syukur. Peserta upacara sontak ikut bernyanyi bersama, hal tersebut berhasil menambah keramaian acara peringatan hari santri nasional 2019.

(Baca juga: Santri Nuris Bertugas Di Pasukan 45 Upacara Peringatan HUT RI)

Acara ditutup dengan doa dan penampilan drumband. “Alhamdulillah upacara berjalan lancar, sejauh ini terlihat antusiasme para santri yang luar biasa. Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti runtutan upacara peringatan hari santri nasional 2019. Harapan kami semoga kedepannya santri bisa menjadi penerus perjuangan para ulama, mampu bersaing di kancah global, dan mengedepankan akhlakul karimah,” ujar salah satu panitia upacara peringatan hari santri nasional 2019. [Red.Lana]

Gus Robith Qoshidi, Lc Membacakan Ikrar Santri
Related Post