Tips Mencegah dan Menagani Mata Minus

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Assalamualaikum sahabat santri, kali ini kami akan membagikan tips baru yang pastinya bermanfaat bagi kalian semua. Perlu diketahui bahwa aktivitas  sehari-hari membuat kita lupa akan menjaga kesehatan mata, sehingga mayoritas orang-orang mengalami minus yang berlebihan. Nah, disini kami akan memberi tips tentang cara mencegah, menangani dan merawat mata minus. Yuk intip tips kami berikut ini.

Pertama, hindari membaca di tempat yang redup karena dengan itu kita akan memaksakan mata kita untuk membaca dan melihat objek secara terpaksa.

(Baca juga: Tips Merawat Rambut Untuk Para Hijabers)

Kedua, hindari juga menulis dengan jarak dekat karena dapat mengakibatkan menurunnya kemampuan jarak pandang normal seperti biasanya. Hal ini juga menghindari tubuh anda menjadi bungkuk.

Ketiga, jauhi asap rokok pastinya kalian heran dengan ini. perlu kalian ketahui bahwa asap rokok jika sudah mengalir dialiran darah dapat memecahkan sel-sel mata sehingga dapat mengalami minus dan katarak.

keempat, makan makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, melon, wortel, dan lain-lain. Nah, pasti kalian bertanya-tanya bagaimana jika seorang santri yang mengalami mata minus, kan tidak setiap hari bisa makan buah-buahan? Begini jika kalian seorang santri kalian dapat meminta kepada orang tua untuk membawakan buah atau sayur mayur ketika dikirim.

Kelima, menjemur mata di pagi hari hal ini merupakan salah satu cara sederhana yang mampu mengurangi mata minus. Lakukan kegiatan ini secara rutin dengan cara menutup kedua mata dan arahkan ke cahaya matahari hingga terasa hangat. Cahaya matahari yang sehat dari jam 6 hingga jam 10.

(Baca juga: Tips Hemat Ala Santri)

Itu tadi beberapa tips mencegah dan menangani mata minus ala kami, semoga bermanfaat untuk sahabat santri semua. Selamat mencoba.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post